Kerja Sama dengan MNC Group, PPI Dunia Perluas Jaringan

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia kembali melebarkan kerja sama dengan media. Kali ini adalah MNC Group yang berlangsung pada Kamis, 24 November 2016 lalu. PPI Dunia diwakili oleh Intan Irani Puspita Santi selaku Koordinator PPI Dunia, Estrella Advensia (Wakil Koordinator media komunikasi PPI Australia), Yogawira Prada Pasiaji (Wakil Ketua PPI Spanyol), Teja Sukma Cakraningrat (Koordinator HRD PPI Russia), Andika Setya Nugroho (Koordinator Departemen Ekonomi dan Wirausaha PPI Turki), Ayub Angga Direja (Koordinator Humas dan Media PPI Taiwan), Reja (Ikatan Alumni PPI Filipina dan PPI Dunia), Andre Mokalu (Humas PPI-MIB Birmingham), Ardhi Rahmani (Wakil Ketua PPI Ceko Demissioner), dan Rizki Putri Rezna Hassan (Koordinator Divisi Pendanaan PPI Dunia).

Rombongan PPI Dunia yang mengunjungi Gedung I News Centre lantai 10, Jakarta tersebut diterima oleh para perwakilan dari MNC Group, yaitu Direktur News MNC Group Arya Sinulingga, Pemred iNews TV Rizal Yusaac, Wapemred iNews TV Ariyo Ardi, Pemred Global TV Apreyvita Dyah Wulansari, Pemred MNC TV Yadi Hendriana, Pemred News Channel Herik Kurniawan, Pemred World News Tommy Tjokro, dan Manager News Gathering Reguler Feby Budi Prasetyo, dan Kadiv News Gathering Geong Rusdianto.

Foto bersama perwakilan PPI Dunia dengan MNC Group.
Foto bersama perwakilan PPI Dunia dengan MNC Group.
Intan Irani, Koordinator PPI Dunia sedang menyampaikan gagasannya.
Intan Irani, Koordinator PPI Dunia sedang menyampaikan gagasannya.

Audiensi pertama kali dibuka oleh Intan Irani dengan pengenalan mengenai PPI Dunia. Intan menjelaskan secara detail mengenai rencana aksi PPI Dunia yang merupakan hasil rekomendasi serta Sidang Komisi pada Simposium Internasional ke-8 PPI Dunia di Kairo pada 24 – 28 Juli 2016, ’’rencana aksi kami dibagi ke dalam empat komisi, yaitu Komisi Pendidikan, Komisi Ekonomi, Komisi Politik, dan Komisi Agama,’’ ucap Intan yang juga mantan Ketua PPI Italia tersebut.

Suasana rapat antara perwakilan PPI Dunia dengan MNC Group.
Suasana rapat antara perwakilan PPI Dunia dengan MNC Group.
Beberapa perwakilan MNC Group.
Tampak beberapa perwakilan MNC Group.

Selanjutnya, MNC Group memaparkan profil perusahaan mereka. Secara garis besar, pihak MNC Group menyambut secara positif kerja sama yang ditawarkan oleh PPI Dunia. MNC Group melihat potensi mahasiswa yang tersebar di seluruh dunia sebagai “perpanjangan” media pelajar Indonesia.

Intan Irani dan Arya Sinulingga, Direktur Pemberitaan MNC Group.
Intan Irani dan Arya Sinulingga, Direktur Pemberitaan MNC Group.

Dari hasil diskusi, PPI Dunia dan MNC Group menemukan beberapa bentuk gambaran kerja sama. Pertama, PPI Kontributor, jadi pelajar tidak hanya menjadi citizen journalist yang hanya melaporkan berita yang situasional saja. Namun, pelajar menjadi kontributor tetap dengan konten yang bisa disiapkan dari MNC Group. Materi yang disampaikan bisa berupa kehidupan personal mahasiswa yang menarik, negara di mana terdapat PPI Negara yang masih sedikit jumlah mahasiswanya, serta mengangkat tema pelajar dan diaspora masyarakat Indonesia. Apabila materi yang diberikan oleh PPI mencukupi secara kualitas dan kuantitas, MNC bersedia menyediakan satu segmen atau bahkan acara khusus mengenai PPI. ’’Selanjutnya antara PPI Dunia dan MNC Group akan terus mengkomunikasikan rencana kerja sama tersebut,’’ ucap Arya Sinulingga. Tak ketinggalan, Intan juga berharap kerja sama kali ini bisa memperluas kesempatan  pelajar Indonesia memberikan inspirasi melalui pemberitaan media di Indonesia.

 

(Dinda Lisna Amilia/Farhanah)

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: