Kerja Sama dengan Pasukan Garuda, PPI Lebanon Terbitkan Jurnal Desember

Liputan Lebanon – Berada di negeri yang rentan konflik tidak menjadikan mahasiswa Indonesia di Lebanon berhenti berkarya. Justru keadaan yang tidak biasa ini memacu para mahasiswa untuk berinovasi dan berkreatifitas. Untuk menutup tahun 2016 PPIL melalui divisi media dan komunikasi berhasil menerbitkan jurnal yang berjudul “Spiritualitas Para Panglima Perang.”
“Momennya tepat, di samping untuk menutup tahun 2016, jurnal ini juga bisa dijadikan referensi tentang keberadaan UNIFIL di Lebanon ditinjau dari sisi yang mungkin belum diketahui banyak orang,” kata Lukmanul Hakim, penulis jurnal yang juga mahasiswa di Global University of Beirut program magister ini.
Keberadaan penulis sebagai salah satu mahasiswa Indonesia di Lebanon memberikan keuntungan tersendiri. Karena hal itu memberikan kemudahan untuk melakukan observasi lingkungan, yaitu melihat secara langsung aktivitas para pasukan perdamaian dunia (UNIFIL) yang jarang diketahui oleh khalayak umum.
Selain itu juga dilakukan wawancara dengan perwira dan staf pembinaan rohani agama Islam di setiap pangkalan pasukan Garuda TNI UNIFIL juga menjadi instrumen penelitian yang sangat urgen dalam jurnal ini.
UNIFIL adalah akronim dari United Nations Interim Force in Lebanon, sebuah tahapan organisasi misi yang dibentuk oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, pada tanggal 19 Maret 1978 setelah pecah perang saudara di Lebanon dan konflik dengan Israel
PBB memberi mandat kepada 42 negara termasuk Indonesia untuk mengirimkan tentara terbaiknya dalam melaksanakan tugas misi perdamaian di Lebanon.

 

(Medikom PPIL/F)

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: