Kongres PPI Malaysia Ke-18

Kongres PPI Malaysia Ke-18 Telah Sukses Diselenggarakan di Sarawak. Sebanyak 13 Universitas diseluruh Malaysia mengirimkan delegasinya untuk menghadiri Kongres Persatuan Pelajar Indonesia se-Malaysia yang diselenggarakan di Universiti Malaysia Serawak (Unimas). Kongres tersebut dibuka langsung oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur, Prof Ari Purbayanto, Sabtu (29/10) malam dengan PPI Sarawak menjadi tuan rumah digelarnya Kongres PPIM ke-XVIII.

“Sebagai pelajar yang belajar di luar Tanah Air sudah menjadi tugasnya menjalankan visi misi kebangsaan dengan baik. PPI mewakili pelajar Indonesia di Malaysia harus mampu menjadi duta bangsa guna menjalankan misi ini,” ujar Prof Ari yang didampingi oleh Konsul Jendral RI Serawak Jahar Gultom dan Prof Mohd Fadzil Abdurrahman sebagai Naib Counselor Hal Ehwal Pelajar Unimas.

Prof. Ari juga meminta kepada para pelajar Indonesia di Malaysia agar dapat bersatu membangun solidaritas yang kuat guna menghasilkan kekuatan yang besar dalam memberikan kontribusi yang lebih baik dan lebih berarti untuk bangsa.

“Pelajar Indonesia ribuan jumlahnya. Dengan bersatu diharapkan pelajar dapat memberikan kontribusi yang lebih untuk bangsa Indonesia,” kata Atdikbud dalam sambutannya. Konjen Jahar Gultom juga meminta kepada para pemuda Indonesia di Malaysia yang tergabung dalam PPI dapat menguatkan kembali semangat Sumpah Pemuda yang telah di deklarasikan sebelum Indonesia merdeka pada 28 Oktober 1928 silam.

“Semangat kebangsaan harus terus dijaga, sebagaimana yang telah diperjuangkan Ki Hajar Dewantara,” ujar Konjen.

Sementara itu Ketua PPI Malaysia 2015-2016, Akita Arum Verselita, berharap dengan diselenggarakannya kongres ini dapat melahirkan hasil-hasil musyawarah yang berarti untuk melanjutkan tongkat estafet perjuangan organisasi PPI Malaysia kedepannya.

“Berharap dengan semangat persatuan akan terbangun solidaritas yang kuat untuk PPIM yang lebih baik lagi ke depannya,” ungkap Akita dalam sambutannya.

Di malam harinya, acara tersebut dilanjutkan dengan Gala Dinner dan malam solidaritas yang dihadiri langsung oleh Bapak Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Kerajaan Malaysia, Marsekal TNI (Purn) Herman Prayitno yang juga menyampaikan sambutannya.

Dubes KBRI Kuala Lumpur Marsekal TNI Herman Prayitno dalam sambutannya mengatakan bahwa sudah seharusnya bagi pelajar Indonesia untuk terus menguatkan semangat kebangsaan guna melahirkan generasi muda Indonesia yang lebih siap untuk melanjutkan pembangunan bangsa.

“Sebagai duta bangsa di Malaysia, pelajar memiliki tugas penting untuk meraih prestasi akademik dan non akademik yang baik untuk bekal melanjutkan pembangunan Indonesia dimasa yang akan datang,” ujar Herman.

Di hari kedua Kongres PPI Malaysia, acara diawali dengan seminar mengenai bahaya Narkoba yang diisi oleh Atase POLRI, Atase Riset, Atase Hukum KBRI Kuala Lumpur dan Agensi Anti Narkoba Malaysia.

Atase Polisi KBRI Kuala Lumpur, Kombes Pol Abi Nursetyanto, SIK mengatakan, “angka penyalahgunaan narkoba selama dua tahun terakhir mencapai lima juta Jiwa di Indonesia.”

Abi mengatakan fakta ini sangat mengancam nasib generasi penerus bangsa pada masa depan karena peran pemuda sangat penting dalam pembangunan bangsa dan negara dengan berbekal prestasi akademis dan non-akademis yang baik.

“Pelajar adalah generasi penerus bangsa, penanaman rasa kebangsaan yang tinggi diharapkan akan menghasilkan generasi yang lebih siap membangun bangsa ini,” ujar Abi di Universiti Malaysia Serawak ( UNIMAS).

Sementara itu Atase Pendidikan dan Kebudayaan ( Atdikbud) KBRI KL Prof. Ari Purbayanto meminta agar pelajar Indonesia di Malaysia dapat bersatu membangun solidaritas yang kuat guna menghasilkan kekuatan yang besar dalam memberikan kontribusi yang lebih berarti untuk bangsa.

Di akhir sidang pleno, kongres PPI se-Malaysia ini mengadakan pemilihan Ketua Umum PPI Malaysia dari dua kandidat calon ketua umum terpilih yaitu Sdr. Zulfadli dan Sdr. Rizki Amrillah. Berdasarkan hasil keputusan siding pleno tersebut, maka Sdr. Zulfadli pun terpilih menjadi Ketua Umum PPI Malaysia 2016-2017 menggantikan Sdri. Akita Arum Verselita yang telah demisioner.

 

Selamat kepada Sdr. Zulfadli yang telah berhasil menjadi ketua PPI Malaysia 2016-2017. Selamat menjalankan tugas dan kewajibanmu.

Semoga sukses

(Red: Akita/ Ed: Amir)

mamirsyarifuddin

I am M Amir Syarifuddin (M Syarifuddin), hailing from Indonesia. I am a social innovator and a future finance analyst. My passion lies in finding ways to help others achieve their goals and innovate in their fields of expertise. Currently, I am living in Kuala Lumpur, Malaysia and studying in International Islamic University Malaysia majoring International Economics. Over the last few years, I have seen the amazing things a diverse and motivated group of students can accomplish when they put their minds to a task. I love to play Badminton, Bowling, Baseball, Watching Movies, and hanging out with friends. I am a brownies lover and an ice cream freak. My best food of all time is “Mie Ayam Bakso” ever since I was in the middle school. My main aim in life is to extend my vision of the world, discover a new culture, learn to live with differences and dealing with new people.

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: