Konjen RI Jeddah dan Rektor UI Bertemu dengan Rektor Universitas Terbaik se-Dunia Arab 2017

Liputan Jeddah – Bertempat di Rektorat King Abdulaziz University Jeddah, Rabu 17 Mei 2017 lalu Konjen RI Jeddah dan Rektor UI Bertemu dengan Rektor Universitas Terbaik se-Dunia, yaitu Prof. Abdulrahman Obaid al-Youbi, Rektor King Abdulaziz University (KAU).

Konsul Jenderal RI Jeddah, Drs. Mohamad Hery Saripudin, MA yang didampingi oleh Pelaksana Fungsi Pensosbud II KJRI Jeddah, Umar Badarsyah, Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met yang didampingi Dekan Fakultas MIPA UI, Dr. rer. Nat. Abdul Haris, Dekan Fakultas Teknik UI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA dan Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat UI, Prof. Dr. Heri Hermansyah bersama Ketua PPMI Jeddah, Herika Muhammad Taki bertemu dengan Rektor KAU Prof. Abdulrahman Obaid al-Youbi.

Konjen RI Jeddah memperkenalkan rombongan dan membuka pembicaraan, berterima kasih kepada KAU yang telah memberikan kesempatan studi beberapa mahasiswa Indonesia di KAU. Konjen RI Jeddah juga menyampaikan selamat kepada KAU atas pencapaiannya sebagai Universitas Terbaik se-Timur Tengah versi Times Higher Education tahun 2017, serta memohon agar jumlah mahasiswa Indonesia ditambah selain jalur yang sekarang dengan jalur LPDP. Konjen juga berkeinginan kerjasama dibidang kursus bahasa Indonesia karena tingginya minat masyarakat Arab Saudi yang ingin mempelajari bahasa Indonesia, dikarenakan Indonesia merupakan negara dengan jumlah jamaah umrah terbesar dan banyak memberi keuntungan bagi travel Arab Saudi.

Rektor Universitas Indonesia mengajukan kerjasama di bidang riset, baik teknik, sains dan kedokteran. Prof. Al-Youbi menyampaikan rasa senang atas kedatangan Konjen RI Jeddah dan rombongan, dan langsung menyarankan untuk membuat agreement tertulis dan meminta kepada Wakil Rektor bidang Riset untuk koordinasi lebih lanjut. Pertemyan selesai dalam waktu sekitar 40 menit dan diakhiri dengan saling memberi cinderamata dan photo session. Ketua PPMI Jeddah Herika turut mendukung kerjasama pendidikan antara Indonesia dan Arab Saudi.

“Kami sangat senang dan mendukung sekali kerja sama dalam bidang pendidikan terutama bagaimana meningkat kualitas dan kuantitas mahasiswa Indonesia di Arab Saudi,” ujar Herika yang sedang menyelesaikan PhD bidang Urban Planning di King Abdulaziz University ini. (Red, imam / Ed, pw)

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: