Koordinator PPI Dunia Menjadi Pembicara dalam Konferensi Kebijakan Luar Negeri Indonesia 2016

Liputan Jakarta, Perwakilan PPI Dunia ikut berkontribusi dalam sebuah konferensi kebijakan internasional berjudul “Conference on Indonesian Foreign Policy 2016: Finding Indonesia’s Place in The Brave New World”, pada Sabtu lalu (17/9). Acara yang bertempat di The Kasablanka Hall, lantai 3 Mal Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan ini  diselenggarakan oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) besutan Dr. Dino Patti Djalal, Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Ke-5.

“Saya berharap, setelah mengikuti CIFP 2016, semoga kita semakin sadar bahwa bangsa Indonesia akan semakin maju dan kuat jika kita terus menjaga sikap nasionalisme yang disertai pula dengan semangat internasionalisme,” ungkap Dino Patti Djalal dalam sambutannya.

Konferensi ini membahas pengaruh globalisasi terhadap dinamika perkembangan dan percepatan interaksi negara-negara di dunia sehingga berimplikasi terhadap persaingan internasional. Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini berisikan 20 sesi paralel dalam ruangan yang berbeda dengan menghadirkan 70 pembicara ternama baik dari dalam maupun luar negeri. Sesi yang digelar membahas kebijakan luar negeri Indonesia dalam berbagai aspek: geopolitik, maritim, perdagangan, keamanan, diaspora, pendidikan, teknologi, dan lain-lain.

Pembicara pada sesi “Connecting Indonesia’s Development Needs with Global Resources”. Diantaranya, Koordinator PPI Dunia Intan Irani (bangku kedua dari kiri). Sumber: Adam Dwi Baskoro

Di antara pembicaranya adalah Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono (Presiden Republik Indonesia ke-6), Xanana Gusmao (Presiden Timor Leste), Jend. (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI ke-5), Ir. Airlangga Hartanto (Ketua Umum Asosiasi Emiten Indonesia 2005-2014), dan Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika). Prof. H. Nasarudin Umar, Imam Besar Masjid Istiqlal juga turut menjadi pembicara dalam pembahasan keagamaan. Sedangkan dalam sektor usaha yang duduk menjadi pembicara diantaranya adalah Sandiaga Uno, Shunamek (Garuda Food), Erik Meijer (Telkom/Telstra), Wishnutama (Net Mediatama), Noni Purnomo (Blue Bird Group), Nadiem Makarim (Gojek Indonesia). Para diplomat dari USA, EU, Korea Selatan, Polandia, Hungaria, RRC, dan Australia juga dilibatkan untuk menyampaikan materi politik dan hubungan internasional.

Intan Irani, Koordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia  menjadi salah satu pembicara pada sesi yang bertemakan “Connecting Indonesia’s Development Needs with Global Resources: The World of FDI, Creative economy, Education, Technology, and Innovation”. Sesi ini membahas perlunya koneksi antara pengembangan ekonomi, pendidikan, teknologi, dan inovasi Indonesia lewat globalisasi.

Ia mengungkapkan bahwa PPI Dunia merupakan sebuah perhimpunan yang menaungi 51 PPI Negara dengan visi untuk meningkatkan kualitas dan potensi diri yang berguna seutuhnya bagi Indonesia. PPI Dunia bergerak dalam tiga bidang utama: pertama, Creative Economy dengan meningkatkan human capital sebagai aset bangsa; kedua, Tourism yang mendidik duta bangsa agar bangga untuk mempromosikan dan memperkenalkan seni dan budaya Indonesia kepada dunia internasional; ketiga, Innovation and Technology yang bergerak di era informasi digital berupa online meeting, web based-seminar, dan e-education. “PPI Dunia melibatkan seluruh basis edukasi pelajar Indonesia yang tersebar di tiap negara,” tegas Intan.

Perwakilan PPI Dunia yang hadir dalam kenferensi tersebut adalah koordinator PPI Dunia Intan Irani dari PPI Italia, anggota Biro Pers Adam Dwi Baskoro dari PPMI Mesir, dan alumni Permira Rusia, Subahagia Rendy. (AD/AA)

 

Galeri Kegiatan:

Presiden Republik Indonesia ke-5 Susilo Bambang Yudhoyono menjadi pembicara saat penutupan kegiatan konferensi.
Presiden Republik Indonesia ke-5 Susilo Bambang Yudhoyono menjadi pembicara saat penutupan kegiatan konferensi.
Koordinator PPI Dunia Intan Irani bersama pembicara konferensi.
Koordinator PPI Dunia Intan Irani bersama pembicara konferensi lainnya.
Perwakilan PPI Dunia yang menghadiri Konferensi Kebijakan Luar Negeri Indonesia 2016
Perwakilan PPI Dunia yang menghadiri Konferensi Kebijakan Luar Negeri Indonesia 2016.
Peserta Konferensi.
Peserta Konferensi saat pembukaan kegiatan.
Peserta konferensi pada sesi "Connecting Indonesia's Development Needs with Global Resources", salah satu pembicaranya adalah Intan Irani, Koordinator PPI Dunia.
Peserta konferensi pada sesi “Connecting Indonesia’s Development Needs with Global Resources”, salah satu pembicaranya adalah Intan Irani, Koordinator PPI Dunia.

Sumber gambar: Adam Dwi Baskoro

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

Anugrah Abiyyu

Buat sejarah atau jadi sejarah! LC2019

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: