Lahirkan Manusia Pancasila Melalui Kegiatan Pramuka

Liputan Kuala Lumpur, Pramuka Indonesia Gugus Depan (Gudep) 001/002 KBRI Kuala Lumpur kembali menyeleggarakan perkemahan pada 19-21 Desember 2015 kemarin. Kegiatan perkemahan yang diikuti oleh pelajar Indonesia yang ada di Malaysia ini berlangsung di Alang Sedayu, Batu 12 Gombak Selangor.

IMG_0507

Joko Satria, pimpinan Gudep 001/002 Kuala Lumpur menjelaskan, kegiatan kepramukaan merupakan salah satu wujud menumbuhkan rasa nasionalisme putra-putri Indonesia melalui azas dasa darma pramuka yang ditanamkan kepada seluruh anggota.

Menurut Joko, dalam kegiatan kepramukaan kali ini, pelajar Indonesia dibagi dalam tiga regu. Masing-masing regu terdiri dari Penggalang dan Penegak, mereka merupakan regu yang telah mendapatkan materi kepramukaan dalam latihan mingguan yang diselenggarakan Gudep 001/002 selama satu tahun terakhir.

IMG_0523

“Dalam perkemahan kali ini pelajar Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK) akan melakukan praktek dari latihan mingguan yang telah dilaksanakan dalam latihan mingguan. Anak-anak akan mempraktekkan kebolehannya dalam mengamalkan sandi dan morse yang ada dalam buku saku pramuka,” Ungkap Joko.

Perkemahan ini juga diikuti oleh Mahasiswa Indonesia yang belajar di Universitas Islam Internasional (UIA) dan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) serta beberapa universitas lainnya.

Nurul salah seorang mahasiswa Indonesia asal Riau mengaku telah mengikuti kegiatan pramuka di Gudep 001/002 sejak 2 tahun terakhir. Menurutnya pramuka merupakan salah satu cara untuk mengamalkan pancasila sebagai dasar negara ketika kita berada jauh dari tanah air.

“ Dengan pramuka kita akan semakin mencintai bangsa kita, kegiatan kepramukaan merupakan praktek bagi seorang anak bangsa dalam mengamalkan pancasila melalui dasa dharma pramuka,” Ungkap Nurul.

Hal serupa juga dirasakan oleh David siswa SIK yang telah mengikuti kegiatan pramuka selama beberapa tahun terakhir. Menurutnya, sangat banyak ilmu yang Ia dapatkan ketika bergabung dalam kegiatan pramuka.

“ Kemandirian adalah salah satu dari sekian banyak manfaat kepramukaan, dan yang paling penting adalah rasa cinta akan merah putih semakin besar dirasakan, ada sebuah kebanggaan menjadi anak Indonesia saat menyanyikan lagu kebangsaan ataupun Hymne Pramuka,” Ungkap David.

IMG_1076

Dalam pembukaan kegiatan kepramukaan kemarin Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur Prof.Dr.H.Ir Ari Purbayanto, M.Sc menjelaskan, pihaknya sangat mendukung kegiatan kepramukaan. Diharapkan pramuka dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga semangat nasionalisme anak bangsa di Luar Negara.

“ Kami akan mendukung penuh kegiatan pramuka, diharapkan adik-adik dapat mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam dasa dharma pramuka dengan baik, dengan begitu kalian akan mampu menjaga citra bangsa Indonesia ketika berada jauh dari tanah air,” Ungkap Prof Ari.

IMG_1074

Dalam kegiatan pramuka yang berlangsung selama 3 hari di Alang Sedayu, pelajar Indonesia belajar bagaimana bekerja dalam satu team. Selain itu pelajar juga dilatih kemandirian saat jauh dari keluarga dan berada di medan yang jauh dari fasilitas yang biasa di dapatkan.

Anak-anak juga diajak menyusuri hutan dengan menyusuri sungai dan menempuh perjalanan berkilo-kilo meter. Tentunya aktifitas ini sangat menguji nyali mereka bagaimana agar dapat melewati semua rintangan dengan baik dengan segala keterbatasan yang dimiliki.(Dw)

You May Also Like

%d bloggers like this: