LDK Pengurus PPPI dan PPI Sudan

Liputan Sudan, Pengurus Persatuan Pelajar Putri Indonesia (PPPI) bekerjasama dengan Persatuan Pelajar Indonesia di Sudan (PPI Sudan) menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) berlangsung di Aula KH.Agus Salim KBRI Khartoum pada Maret lalu. Puluhan pengurus PPPI ikut serta dalam pelatihan tersebut.

Kegiatan ini mengangkat tema Rekonstruksi Karakter Pemimpin Memantapkan Idelogi dan Keilmuan Mahasiswa dalam Berorganisasi Menuju PPI Sudan Berkualitas. Ketua Panitia Ayu Widiya Nita, Mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab berorganisasi serta meningkatkan dan memantapkan kwalitas kepemimpinan.

LDK  2016 yang juga dihadiri oleh beberapa staf KBRI Khartoum ini dibuka oleh HOC KBRI Khartoum Djumara Supriadi sekaligus mewakili Burhanuddin Badruzzaman Duta besar Indonesia untuk Sudan yang berhalangan hadir.

IMG-20160314-WA0048

Dalam sambutannya Djumara berpesan untuk banyak membaca kisah para pemimpin yang sukses begitu juga halnya dengan buku – buku bertema “kepemimpinan”. Berharap pelajar dapat belajar dari pengalaman sukses berorganisasi mereka.

Sejumlah materi terkait kepemimpinan yang disampaikan panel diantaranya, Retorika dalam berkomunikasi” oleh Dr.Muhammad Afifullah Rifa’I. Untuk materi administrasi  dan kesekretarian disampaikan M.Ed,Rasikin, S.Sos. Dan materi Tipologi kepemimpinan disampaikan oleh Dr.H Rais Abdullah, MA.

Dr.H Rais Abdullah, MA salah satu pameteri LDK 2016 dalam presentasinya menjelaskan pentingnya pemimpin yang bertindak sebagai bapak yang mengayomi anggotanya. “Pemimpin itu tidak sekedar dibentuk,tapi dilahirkan, artinya sangat penting memikirkan regenerasi dari sebuah kepemimpinan,” jelasnya.

Pelatihan kepemimpinan ini mengajarkan hal mendasar yang berhubungan dengan Standard Operations (SOP) sebuah organisasi khususnya terkait administrasi dan kesekretariatan serta tipologi kepemimpinan. Faiqotul Jamilah sebagai Humas PPPI mengaku mendapatkan banyak pengetahuan baru terkait administrasi dengan pelatihan ini.

IMG-20160314-WA0052

“ Kebanyakan orang masih bingung dengan standarisasi atau aturan baku terkait administrasi dan kesekretariatan tersebut, pelatihan ini sangat membantu kami untuk dapat membangun sebuah organisasi yang lebih terarah,” jelas Faiqotul Jamilah.

Sementara itu ketua PPI Sudan Kausar Afdhal mengharapakan dengan diselenggarakannya kegiatan LDK ini lahir generasi yang mampu memimpin umat ke depan dan bagaimana mencontohi kehidupan Rasulullah dalam memimpin.

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

%d bloggers like this: