Lets Study to Estonia and How to be an Oustanding Student

Bogor-Minggu, 4 Desember 2016. Festival Luar Negeri PPI Dunia kerjasama dengan Sahabat Beasiswa Chapter Bogor kembali menyelenggarakan Kopdar yang ke-lima. 

 

Acara yang bertemakan “Lets Study to Estonia and How to be an Oustanding Student” ini mencakup berbagai macam penjelasan dan informasi mengenai kehidupan di Estonia serta berbagai macam beasiswa yang dapat diraih untuk studi ke Estonia, seperti pertukaran beasiswa Degree Studies (Doctoral, Master dan Bachelor Degree), pertukaran pelajar, short-time mobillity, bahkan beasiswa untuk penelitian.

Narasumber yang hadir, Unggul Sagena, merupakan salah satu delegasi PPI  Estonia sekaligus peraih beasiswa Master of Arts in Social Sciences (Technology Governance) (MA(TG))-Ragnar Nurkse Shool of Innovation&Governance, Tallinn University of Technology, Estonia. Unggul yang juga menjabat sebagai Ketua PPI Dunia Estonia 2012-2014 menjelaskan bahwa internet termasuk dalam Hak Asasi Manusia di Estonia. Dengan demikian, proses interview beasiswa pun sering dilakukan melalui skype. Menurut beliau, sistem interview melalui skype memberi keuntungan khusus bagi pelajar dalam hal mempersiapkan bahan wawancara. Beliau memberi contoh bilamana wawancara, pelajar dapat dengan mudah menempelkan catatan di sisi layar, sehingga saat wawancara berlangsung pelajar dapat menatap lurus ke arah kamera dengan tetap bisa melihat catatan yang sudah disiapkan.

2016-12-13-photo-00000124

Pemaparan yang sangat terperinci yang disampaikan oleh Unggul Sagena mendapatkan respon yang sangat positif dari peserta pada seminar kali ini. Pengalaman pribadi beliau yang turut diulas saat beliau memaparkan materi memberi daya tarik bagi peserta untuk mendalami tawaran studi di Estonia.

Acara Kopdar kelima ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama.

Tim Festival Luar Negeri PPI Dunia.

 

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: