Menuju SI PPI Dunia 2014 di Tokyo

SI 2014

[PPI Jepang, Tokyo] Perhimpunan Pelajar Indonesia atau biasa disingkat dengan PPI merupakan wadah perkumpulan pelajar Indonesia yang sedang menuntut ilmu di luar Indonesia. Bentuk kolaborasi antar PPI yang ada di berbagai negara ini dihimpun dalam satu organisasi besar bernama PPI Dunia. PPI Dunia sendiri memiliki agenda tahunan yang dikemas dalam bentuk Simposium Internasional (SI) PPI Dunia yang bertujuan untuk membahas keorganisasian dan evaluasi kegiatan PPI Dunia, berbagi ide, serta merumuskan solusi baik berupa gagasan maupun tindakan konkrit untuk Indonesia. Setelah tahun lalu SI PPI Dunia diselenggarakan di Thailand, tahun ini PPI Jepang berkesempatan menjadi tuan rumah SI PPI Dunia yang akan diselenggarakan pada bulan September di Tokyo. Untuk merealisasikan kegiatan ini, telah dibentuk kepanitiaan khusus SI PPI Dunia yang secara struktural berada langsung di bawah kepengurusan PPI Jepang.

Pertemuan perdana dan ramah tamah seluruh panitia SI PPI Dunia 2014 telah dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2014 lalu di gedung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo. Pertemuan ini dihadiri pula oleh Atase Pendidikan KBRI Tokyo Dr. Iqbal Djawad dan Ketua Umum PPI Jepang, Teuku Muhammad Roffi yang berbagi pengalamannya sebagai peserta SI PPI Dunia sebelumnya di India dan Thailand.

Di awal pertemuan Dr. Iqbal Djawad memberikan motivasi terkait peran pelajar Indonesia bagi dunia. Salah satu poin penting yang beliau sampaikan adalah peran penting mahasiswa Indonesia di luar negeri yang sering dilupakan, yaitu kontribusi dari mahasiswa Indonesia untuk dunia. Dalam pertemuan ini juga panitia sepakat untuk menggelar SI PPI Dunia 2014 dengan memperkenalkan budaya dan kearifan lokal negara Jepang guna menularkan nilai-nilai positif yang dapat dipadukan dengan nilai-nilai luhur nusantara. Berkaitan dengan tema yang akan diusung pada SI PPI Dunia 2014 ini yaitu “Menggagas Kontribusi Generasi Muda Indonesia untuk Dunia”, diharapkan SI PPI Dunia 2014 ini dapat menghasilkan produk konkrit baik berupa rekomendasi, gagasan, ataupun karya yang dapat menjadikan Indonesia lebih bermartabat di mata dunia.

Kepanitiaan ini sendiri merupakan momentum penting bagi PPI Jepang sebagai ajang untuk mensinergikan anggota-anggota PPI Jepang yang tersebar di berbagai universitas dan berbagai daerah di Jepang dalam satu kepanitiaan besar. Berkumpulnya para pelajar Indonesia dalam ajang SI PPI Dunia 2014 diharapkan nantinya dapat memberikan sumbangsih bagi kemajuan Indonesia pada khususnya, dunia pada umumnya, baik merujuk pada kearifan lokal negara studi masing-masing, bidang keilmuan, soft skill, dan lainnya serta menyampaikan gagasan-gagasan solutif bagi kemajuan Indonesia dan dunia. [PPI Jepang]

Sumber: Website PPI Jepang

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: