Meriahnya Namaste Wonderful Indonesia

Pada hari sabtu, 29 Oktober 2016 yang lalu, KBRI New Delhi sukses menyelenggarakan festival Namaste Wonderful Indonesia di Nehru Park. Acara yang diselenggarakan ditengah hiruk pikuk perayaan Diwali ini, sukses menarik perhatian banyak pengunjung. Dengan mengajak serta PPI India dan diaspora Indonesia di India, KBRI New Delhi berhasil membuat acara yang diadakan setahun sekali ini menjadi meriah dan penuh antusias dari seluruh peserta dan undangan yang ada.

Dalam sambutannya, Rizali Wilmar Indrakesuma, Duta Besar RI untuk India ini mengatakan bahwa acara ini diselenggarakan untuk meningkatkan rasa kebersamaan Warga Indonesia dan Pelajar Indonesia di India serta untuk memperkenalkan seni, budaya, pariwisata dan kuliner Indonesia di mata dunia. Ditemui di tempat lain, Rizali mengatakan bahwa acara yang baru diselenggarakan untuk pertama kalinya ini terbilang cukup sukses. “ Acara ini terbilang cukup sukses, saya berharap kedepannya acara seperti ini bisa lebih dipersiapkan lagi. Mengingat event atau acara seperti ini sangat strategis untuk merangkul masyarakat Indonesia di India serta memperkenalkan budaya kita kepada dunia”, tegasnya.

Meriahnya Namaste Wonderful Indonesia
Meriahnya Namaste Wonderful Indonesia

Acara yang meriah ini dibuka dengan tari Ranup Lampuan dan tari Indang Badinding yang dibawakan oleh PPI Komisariat Aligarh. Kemudian, dilanjutkan dengan tari Sekar Jagat dan tari Legong Keraton yang diiringi alunan musik gamelan merdu oleh PPI Komisariat Hyderabad. Penampilan yang luar biasa ini pun mengundang decak kagum para penonton dan berhasil mendapatkan tepuk tangan yang meriah dari pengunjung. Grup band PPI India pun juga tak mau kalah dengan para penampil lainnya. Meraka juga turut memperkenalkan lagu-lagu tradisional Indonesia seperti Ayam den lapeh, apuse, rek ayo rek dan beberapa lagu daerah lainnya. Selain itu, tak kalah ketinggalan, musik pop Indonesia pun juga ditampilkan dengan apiknya seperti lagu-lagu Iwan Fals dan grup band Wali dari PPI India.

Di sisi lain, di stand kuliner, PPI India juga menyajikan menu-menu khas Indonesia yang begitu menggoda para pengunjung hingga habis diborong oleh pengunjung yang datang saat itu.  Menurut Putri, divisi wirausaha PPI India, makanan yang paling banyak peminatnya adalah sate ayam dan gado-gado. Hal ini terbukti dengan cepat habisnya sate ayam dan gado-gado itu sesaat setelah stand kuliner dibuka. Selain produk kuliner, produk kreatif khas Indonesia pun juga di pamerkan dalam stand tersebut, seperti baju batik dan gelang biji jentri yang menjadi daya tarik tersendiri di stand PPI India.

unnamed
Sambutan Dubes RI untuk New Delhi, India

Berdasarkan beberapa survey dari pengunjung acara tersebut, mereka cukup puas dengan acara yang meriah ini dan sangat menikmati penampilan serta makanan yang ada di stand PPI India. Crystal, warga Negara Perancis mengatakan, acara ini sangat menarik dan banyak memberikan wawasan tentang Indonesia. Sementara Amy, salah satu Tourism Researcher dari India mengatakan bahwa acara seperti ini seharusnya bisa lebih sering diadakan. “Acara ini sangat bagus dan efektif untuk meningkatkan daya wisata masyarakat asing ke Indonesia. Harus sering diadakan dengan konsep yang lebih matang, misalnya tourism stall diperbanyak dan kita disuguhi miniatur maupun gambar-gambar tempat wisata di Indonesia”, imbuhnya.

Hervina, vokalis band PPI India, mengatakan bahwa kesempatan ini sangat bagus untuk memperkenalkan seni dan budaya Indonesia kepada dunia. “Saya pribadi sangat bangga bisa memperkenalkan lagu daerah dari Indonesia”, kata mahasiswi Jawaharlal Nahru University asal Padang ini.

Sementara itu, menurut Ketua PPI India, Brenny Novriansyah Ibrahim, acara serupa harus lebih sering di adakan tidak hanya di New Delhi saja tetapi juga di state lain yang berpotensi menarik para pelancong untuk datang ke Indonesia. Melalui kegiatan ini, para pelajar yang merupakan agen perubahan dapat berperan sebagai promotor berbagai potensi Indonesia terutama bidang pariwisata dan ekspor hasil bumi, sektor pertanian dan perkebunan kita demi meningkatkan kesejahteraan para petani. Selain itu, hal ini juga dapat membantu pemerintah dalam mensukseskan program One Village One Product melalui promosi penjualan produk desa di mancanegara, sehingga kesejahteraan desa bisa terwujud. “PPI sebagai pemuda yg berada di mancanegara pun juga dapat berperan dalam meningkatkan perekonomian desa dengan menjadi promotor produk di luar negeri”, tegas Brenny.

Acara Namaste Wonderful Indonesia itu pun ditutup dengan ajakan langsung dari ibu-ibu Dharma Wanita KBRI New Delhi kepada para pengunjung untuk menari dan menyanyi bersama. (Red: FR/ Ed: Amir)

mamirsyarifuddin

I am M Amir Syarifuddin (M Syarifuddin), hailing from Indonesia. I am a social innovator and a future finance analyst. My passion lies in finding ways to help others achieve their goals and innovate in their fields of expertise. Currently, I am living in Kuala Lumpur, Malaysia and studying in International Islamic University Malaysia majoring International Economics. Over the last few years, I have seen the amazing things a diverse and motivated group of students can accomplish when they put their minds to a task. I love to play Badminton, Bowling, Baseball, Watching Movies, and hanging out with friends. I am a brownies lover and an ice cream freak. My best food of all time is “Mie Ayam Bakso” ever since I was in the middle school. My main aim in life is to extend my vision of the world, discover a new culture, learn to live with differences and dealing with new people.

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: