Pelajar Indonesia di Prancis Sukses Selenggarakan Eurolympique 2016

Liputan Paris, Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Prancis Paris 9-10 April 2016 lalu di Université Paris Sud, sukses menyelenggarakan kompetisi olahraga terbesar di Benua Eropa.

Kegiatan ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali untuk pelajar Indonesia di Benua Eropa dengan tajuk Eurolympique 2016. Ratusan pelajar Indonesia yang berlajar di sekitar benua Eropa ikut serta dalam berbagai pertandingan yang diselenggarakan pihak panitia.

Dewa Federika sebagai Ketua PPI Perancis menjelaskan tujuan utama penyelenggaraan acara Eurolympique adalah sebgai wadah bagi para pelajar Indonesia di Eropa untuk menyalurkan minat dan bakatnya dalam bidang olahraga, seni dan budaya.

Selain itu Dewa juga menjelaskan tujuan lainnya adalah untuk memupuk dan mempererat rasa persaudaraan, sportivitas, soliditas dan kreativitas antar pelajar Indonesia di Eropa.

Eurolympique 3

“Kompetisi ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk meningkatkan konektivitas (networking) antar mahasiswa Indonesia di Eropa untuk kepentingan akademis maupun non akademis,” ungkapnya.

Terdapat beberapa cabang olahraga yang diperlombakan meliputi  satu team futsal Putera, dua team futsal Puteri, tiga team basket 3 on 3 putera, empat team  basket 3 on 3 puteri, lima team badminton tunggal putera, enam team badminton tunggal puteri, tujuh team badminton ganda putera, delapam team badminton ganda puteri, sembilan team lari estafet.

“Jumlah peserta kontingen yang hadir sebanyak lebih dari 300 pelajar Indonesia yang berasal dari beberapa kota di negara Prancis, Jerman, Belanda dan Turki,” jelas Dewa lebih lanjut.

Selain lomba olahraga, panitia acara juga menyelenggarakan lomba seni tari Saman yang diikuti oleh peserta dari PPI Paris, PPI Lyon, PPI Strasbourg, PPI Marseille PACA, PPI Alsace dan PPI Frankfurt.

Lomba tari saman ini diadakan bertujuan untuk melestarikan seni dan budaya Indonesia serta dalam rangka menyambut tahun kelima Tari Saman yang telah ditetapkan sebagai salah satu daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia oleh UNESCO.

Eurolympiqu 2

PPI Jerman ditetapkan sebagai juara umum Eurolympique 2016. Hal ini karena kontingen dari PPI Jerman memenangkan sejumlah pertandingan dengan menempati posisi juara satu dalam pertandingan tersebut dibandingkan kontingen dari negara lainnya yang ikut serta dalam pertandingan tersebut.

Acara ini dapat terselenggara berkat dukungan penuh KBRI Paris, khususnya Atase Pendidikan Republik Indonesia di KBRI Paris, Prof. Dr. Surya Rosa Putera, MS. Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu wujud dari semangat kekeluargaan pelajar Indonesia yang ada di Eropa.

“Semoga saja dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat memperkuat persaudaraan pelajar Indonesia yang ada di Eropa, dan tentunya rasa nasionalisme sebagai anak bangsa,” tuturnya.

PPI Perancis mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada berbagai pihak yang mendukung suksesnya kegiatan ini. Khususnya sponsor dan sejumlah donatur yang terlibat memberikan dukungan.

“Ungkapan terima kasih saya sampaikan juga kepada Atase Pertahanan Republik Indonesia di KBRI Paris, Delegasi Indonesia di UNESCO Paris, Université Paris Sud, PPI Dunia dan PPI Amerika – Eropa yang membantu acara ini sehingga bisa berjalan dengan lancar dan sukses,” tutup Dewa.( DW)

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

%d bloggers like this: