SI PPI Dunia 2012 di New Delhi – India

mn

[New Delhi, India] International Symposium of Indonesian Students yang diselenggarakan oleh PPI Dunia atau juga dikenal dengan Overseas Indonesian Students Association Alliance (OISAA), tahun 2012 diselenggarakan di New Delhi sesuai dengan kesepakatan hasil dari Indonesian Students World Symposium (ISWS) 2012.

Agenda tahunan Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia) yang diadakan di Jawaharlal Nehru University (JNU) ini, dihadiri oleh 54 delegasi dari 23 Negara dan merupakan kelanjutan pertemuan pada bulan Februari 2012 di Kuala Lumpur, Malaysia. Pada event ini, PPI India menjadi tuan rumah pelaksanaan.

Ketua panitia SI 2012 Didi Rahmadi mengatakan, “Pertemuan yang diadakan di India ini, bertujuan untuk memperkuat kembali komitmen para pelajar Indonesia untuk mewujudkan kemandirian bangsa.”

Hal tersebut sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Koordinator PPI Dunia Zulham Effendi pada sambutannya dalam pembukaan SI PPI Dunia. Ia mengatakan, bahwa tujuan SI ini adalah untuk menyinergikan gerakan pelajar Indonesia seluruh dunia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan negara Indonesia. Selain itu, pertemuan ini nantinya akan mengukuhkan lembaga-lembaga semi otonom PPI Dunia serta rekomendasi untuk seluruh stakeholder PPI Dunia.

Menurut Ketua PPI India Stevan Chondro, event ini mengangkat tema “The Role of Students in Nation Making” dengan dasar pemikiran pentingnya peran mahasiswa untuk terlibat langsung dan secara nyata dalam pembangunan Indonesia. Dengan adanya acara ini, Stevan berharap para pelajar Indonesia akan termotivasi untuk lebih terlibat dalam proses pembangunan tanah air.

Sesuai dengan jadwal bahwa para peserta SI PPI Dunia ini akan bertatap muka langsung dengan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di KBRI New Delhi pada tanggal 20 Desember 2012. Beliau memberikan Presidential Lecture dengan tema “The Role of Students on Nation Building”.

Acara ini berlangsung pada tanggal 18-22 Desember 2012. Seluruh delegasi berharap Simposium ini dapat menghasilkan sesuatu yang nyata untuk mereka bawa dan bagikan kepada para pelajar Indonesia di seluruh dunia. [Tania Alvina Nathania]

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: