Penayangan Film “Jihad Selfie” di Tunisia – Gerakan ISIS di Indonesia

PPIDUNIA.ORG, Tunisia – PPI Tunisia menghadiri undangan dari KBRI Tunisia pada Minggu (13/11), dalam acara nonton bersama film “Jihad Selfie” di Wisma Nusantara, Les Berges du Lac. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Produser, Dede Aliah bersama timnya.

Acara diawali dengan sambutan Duta Besar LBBP RI Tunisia, Roni Prasetyo Yuliantoro. Dalam sambutannya, Duta Besar  sangat mengapresiasi film ini, karena menurutnya film adalah media terbaik dalam menyampaikan pesan.

whatsapp-image-2016-11-14-at-04-38-28

Di acara ini juga Produser, Dede Aliah berterimakasih atas sambutan hangat masyarakat Indonesia di Tunisia. “Pembuatan film dokumenter ini, berawal dari kekhawatiran terhadap generasi terbaik bangsa yang banyak terpengaruh oleh gerakan radikal, khususnya ISIS. Media punya pengaruh yang sangat besar dalam perkembangan kepribadian dan psikoligi seseorang. Seperti salah satu tokoh film tersebut, Akbar”, terang Dede dalam kalimat pembukanya di Wisma Dubes. Dikabarkan bahwa ada 500 WNI yang terdekteksi dalam gerakan radikal ini. Para alumni gerakan ini, menurut Ibu Dede berpotensi ketika pulang dari Syiria akan memanfaatkan momen demokrasi demi tujuan merusak keutuhan NKRI.

Lanjutnya, propaganda yang masif dan cepat ini harus dibalas dengan reaksi yang lebih terorganisir dalam penanaman pengetahuan dan pencegahan agar tidak terjadi lost generation.

Film dokumenter ini menampilkan beberapa narasumber yang berkaitan dengan ISIS. Seperti Akbar, siswa Sekolah Khatib dan Imam Mustafa Girmil di kota Kayseri, Turki. Ia terpengaruh oleh rekannya untuk masuk gerakan ini melalui media sosial. Wildan, mahasiswa cerdas asal Jogjakarta yang melancarkan aksi bom bunuh diri di Irak, hingga Yusuf mantan narapidana terorisme yang menceritakan kisahnya kembali ke kehidupan normal dan mendirikan sebuah rumah makan.

Film ini diprakarsi oleh Yayasan Prasasti Perdamaian yang didirikan oleh Noor Huda Ismail melalui sayap organisasinya Prasasti Production. Film ini telah ditayangkan dibeberapa KBRI seperti Korea Selatan, Singapura, Malaysia, Australia, Filipina dan Belanda. Kabarnya film ini juga akan ditayangkan di Kairo, Mesir. [Elmuna/AJU]

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: