Pengarahan Penerima Beasiswa Rusia 2016 di Pusat Kebudayaan Rusia

Liputan Jakarta, PERMIRA (Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia) bekerja sama dengan Pusat Kebudayaan Rusia (PKR) mengadakan pengarahan penerima beasiswa Rusia 2016 pada hari Sabtu 27, Agustus 2016.

Acara yang diadakan di Pusat Kebudaan Rusia di Jakarta bertujuan untuk memberikan pembekalan moril, gambaran umum kehidupan dan perkuliahan di Rusia serta penjelasan hal-hal administratif yang harus disiapkan sebelum kedatangan ke Rusia. Acara yang dihadiri oleh 50 calon mahasiswa baru ini bertujuan untuk mengenalkan sepak terjang Rusia di bidang ekonomi, sosial politik, militer dan kesehatan. Selain itu juga membahas mengenai hubungan enam puluh tahun antara Rusia dan Indonesia.

WhatsApp Image 2016-08-29 at 5.57.53 PMPengarahan penerima beasiswa Rusia ini dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA yang pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, serta Dr. Dino Patti Djalal M.A. sebagai Dewan Pakar PERMIRA dan Vitaly GLinkin yang merupakan Direktur Pusat Kebudayaan Rusia. Selain itu juga turut hadir Intan Irani (Ketua PPI Dunia), Muhammad iksan Kiat (Ketua Umum PERMIRA), Muhammad Ramadhan (Sekretaris 2 PPI DUnia), Dian Kusumaningtiyas (Administrator PKR), perwakilan alumni (Ade Irma, Adri Arlan Sinaga, Yona Risman, Della Ginting), serta tiga mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Rusia.

Mohammad Nuh turut memberikan pembekalan kepada calon mahasiswa Indonesia sebelum mereka memulai kuliah di Rusia. Beliau mengatakan bahwa mahasiswa harus tahan banting, haru terus bangkit dan mau melangkah maju walau jatuh berulang kali. “Kita harus setia terhadap NKRI di tengah godaan kehidupan luar negeri seperti kata Fatin – Aku memilih setia,” jelas beliau.

14137691_1375193822509874_846616834_nDino Patti Djalal menghimbau bahwa mahasiswa harus selalu menerapkan forward analysis di setiap pergerakan dan pembelajarannya. “Mahasiswa harus memilih the best supervisor serta menggunakan intellectual honesty dalam proses penulisan thesis,” tegas beliau.
Ketua PPI Dunia, Intan Irani beserta sekretarisnya Muhammad Ramadhan menyampaikan tentang pentingnya eksistensi PPI Dunia dan PPI Negara di kalangan mahasiswa luar negeri. Selain itu juga mengundang penerima beasiswa untuk ikut terlibat dalam kegiatan PPI Dunia yang didasarkan pada hasil Simposisum Cairo (7 Rencana Aksi).

14182547_1375194265843163_1854828416_nKetua umum PERMIRA, Muhammad iksan Kiat, memperkenalkan PERMIRA dan menceritakan pengalaman-pengalaman belajar dan beraktifitas selama di Rusia. Selain itu juga mengundang calon mahasiswa baru untuk aktif di kegiatan PERMIRA. Beberapa alumni juga turut memberikan gambaran umum terkait kehidupan pasca lulus dari Rusia berdasarkan pengalaman mereka masing-masing. Dian Kusumaningtiyas yang merupakan Administrator PKR menjawab pertanyaan-pertanyaan calon mahasiswa baru Rusia terkait dengan syarat-syarat dan mekanisme keberangkatan serta pendaftaran di Kampus Rusia.

Acara yang rutin diadakan setiap tahun ini memiliki tujuan memberikan ilmu kepada calon mahasiswa baru sebelum keberangkatan dan diharapkan semua administrasi lancar setelah mereka tiba di Rusia. (Red, Wanda, Ed, pw)

14169513_1375193735843216_156574756_n

 

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: