Peningkatan Kerjasama Pendidikan Tinggi antara Indonesia dan Timur Tengah

Liputan Madinah – Bertempat di Wisma Haji Indonesia Madinah, 5 Februari 2017, PPMI Arab Saudi yang diwakili oleh Imam Khairul Annas (Ketua Umum PPMI Arab Saudi 2015-2017), Arif Usman Anugraha (Ketua PPMI Madinah 2016-2017) dan Dinar Zul Akbar (Koordinator Departemen Kegiatan PPMI Madinah 2016-2017), pihak KJRI Jeddah yang diwakili Bpk. Tubagus Ade Fathullah (Staf Tata usaha KJRI Jeddah) dan Bpk. Sujud Hosis (Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Jeddah), berkesempatan menerima rombongan dosen dan konsultan dari berbagai Universitas di Indonesia.

Rombongan terdiri dari Bpk. Dr. Abu Sufyan dari Universitas Padjajaran, Bpk. Masruhi, Bpk. Iwan Saliman dan Bpk. Soegeng Kalimanto dari Universitas Gadjah Mada, serta Bpk. Habib Mun Rohib dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dr. Abu Sufyan sebagai Pimpinan Rombongan menyampaikan sejumlah kerjasama antara perguruan tinggi di Indonesia dengan perguruan tinggi di Timur Tengah, diantaranya adalah Sandwich Program yang diadakan atas kerjasama sejumlah Universitas di Indonesia dengan Universitas Canal Suez, Mesir. Selain itu, pendirian PSI (Pusat Studi Indonesia) pada tahun 2013 di Universitas Canal Suez, yang akan berlanjut dengan pembukaan Jurusan Bahasa Indonesia di Universitas Canal Suez dan Universitas Banha, Mesir.

Pihak PPMI Arab Saudi menyampaikan statistik mahasiswa Indonesia di Arab Saudi secara umum, khususnya di Universitas Islam Madinah, berikut fakultas dan jurusan yang ada. Dimana saat ini, mahasiswa Indonesia tersebar di 15 Universitas di Arab Saudi pada berbagai jurusan dan jenjang. Selain itu juga menyampaikan berbagai kegiatan dan kerjasama antara universitas di Arab Saudi dengan universitas dan lembaga pendidikan di Indonesia, diantaranya Konferensi Internasional tentang Dialog Antaragama kerjasama antara Universitas Islam Madinah dengan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta yang diadakan di Jakarta, kemudian Konferensi Internasional di Malang kerjasama antara Universitas Islam Madinah dengan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Setiap tahunnya, Universitas Islam Madinah mengadakan Dauroh (Pelatihan) Bahasa Arab dan Muqabalah (Ujian Penerimaan) yang diadakan di beberapa tempat di Indonesia, dan setiap tahun berpindah-pindah, diantaranya pernah diadakan di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta, Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Universitas Negeri Makassar, UIN Maulana Malik Ibrahim, Pondok Pesantren Nurul Hakim Lombok NTB, Pondok Pesantren ar-Raudhatul Hasanah Medan, Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga Sumatera Selatan dan Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan Kalimantan Timur.

Kerjasama lainnya adalah kegiatan Dauroh Bahasa Arab untuk Guru Bahasa Arab yang diadakan di Universitas Umm al-Qura Makkah serta Dauroh Bahasa dan Budaya Arab untuk Tokoh Pendidikan yang diadakan di Universitas Islam Madinah. Pada sharing kali ini, mahasiswa dan rombongan dosen berhadap kedepannya sandwich program juga dapat diadakan di salah satu universitas di Arab Saudi, serta kerjasama bidang pendidikan tinggi antara Indonesia dengan Timur Tengah semakin baik. “Terima kasih kepada KJRI Jeddah yang telah menfasilitasi kami sehingga dapat bertemu dengan perwakilan mahasiswa.” ungkap Dr. Abu Sufyan.

(Red, imam / Ed, pw)

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: