Pentingnya Partisipasi Pemuda dalam Pilkada

Pilkada 2017 di beberapa daerah di Indonesia akan digelar secara serentak pada hari Rabu, 15 Februari 2017. Pada tahun ini, terdapat lebih dari seratus pilkada yang diberlangsungkan dan seperti setiap tahunnya Pilkada DKI Jakarta menjadi benchmark Pilkada yang berlandung. Dalam kesempatan ini, PPI menghadirkan, Adhi Priamarizki (International Relations di Ritsumeikan University Kyoto) dan Marthella RR Sirait (MA Policy into Practice di University of Birmingham), masing-masing dalam program RRI Voice of Indonesia Youth Forum dan Kami Yang Muda pada tanggal 13 Februari 2017.

Dalam Youth Forum, Adhi berkata bahwa, “Pilkada langsung memberikan kesempatan masyarakat, khususnya pemuda, untuk menentukan nasib daerah kedepan sekaligus memberikan masyarakat suatu makna bahwa tempat mereka tinggal adalah dari, oleh, dan untuk rakyat.”

“Proses pilkada yang berlangsung sebenarnya memberikan banyak sisi positif, misal dari ide program dan pembangunan yang disampaikan oleh setiap calon pemimpin. Diharapkan pemuda Indonesia dapat secara bijak  mengambil sisi positif dari proses ini dan berkontribusi lebih banyak lagi untuk negara,” lanjut mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan doktoral di Jepang tersebut.

Dalam Kami Yang Muda, Marthella berkata bahwa, “Pilkada secara langsung lebih jauh dapat diartikan ‘kemenangan’ rakyat dari kontroversi di mana pemilihan kepala daerah oleh DPRD. Terlebih, pilkada yang serentak akan meningkatkan euforia masyarakat untuk berpartisipasi dalam memilih dan mengamati jalannya pilkada.”

“Menurut saya, program tepat untuk mengatasi solusi dan cara mengeksekusi program tersebut adalah dua hal penting dalam menjatuhkan pilihan pada salah seorang calon pemimpin,” ujar mahasiswi yang sedang menempuh pendidikan magister di Britania Raya tersebut.

Adhi dan Marthella berharap agar ke depannya ada peningkatan partisipasi warga khususnya pemuda dalam pilkada dalam penggunaan hak suaranya. Pemuda harus membuang stigma negatif mengenai politik karena partisipasi pemuda dalam politik sangat diperhitungkan dalam membangun Indonesia yang lebih baik kedepannya.

(Red CA, Ed pw)

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: