Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok Sukses Gelar Kongres VI dan Symposium Nasional di Hangzhou

HANGZHOU, (1/6/17).- Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok sukses menggelar Kongres VI dan Symposium yang bertema “Kompas Masa Depan Mahasiswa Indonesia Lulusan Tiongkok” dengan Keynote Speaker Bpk Rizal Ramli (Menko Kemaritiman RI 2015 – 2016).

Kongres PPI Tiongkok VI ini bertempat di Hotel Xinxi Caida, Hangzhou, China dan dibuka langsung oleh Duta Besar RI untuk Tiongkok merangkap Mongolia Bpk. Soegeng Rahardjo.

Selain dihadiri oleh Dubes, dalam pembukaan acara tersebut juga dihadiri oleh Priyanto Wibowo selaku Atase Pendidikan di KBRI dan Bapak Sudjadi selaku  perwakilan dari Persatuan Mahasiswa Alumni Tiongkok.

Melalui pidato pembukaan saat acara Kongres dimulai, Dubes Soegeng Rahardjo menekankan pentingnya keikutsertaan mahasiswa mendukung hubungan Indonesia dengan Tiongkok. Indonesia dan Tiongkok harus didukung untuk berjalan bersama-sama guna mencapai mimpi yang tinggi dan saling memberikan manfaat bagi kedua negara.

“Mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam PPIT harus bisa mendorong hubungan baik antara Indonesia dan Tiongkok baik di sisi Ekonomi, Pendidikan maupun Budaya,” tambahnya.

Selain itu mahasiswa diminta untuk mendorong suksesnya Project One Road One Belt yang diinisiasi oleh pemerintah Tiongkok. “Project OBOR ini akan banyak memberikan manfaat bagi negara-negara kawasan Asia, Afrika dan Eropa, moment ini harus bisa dimanfaatkan oleh Indonesia,” ujarnya.

Pada saat pembukaan Kongres, Ketua Umum PPI Tiongkok, Bagus Ari Haryo Anugrah dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa Kongres III mempunyai beberapa agenda pembahasan yakni Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus PPI Tiongkok , revisi AD-ART, rancangan Program Kerja Nasional dan Pemilihan Ketua Umum periode serta membahas isu-isu strategis lainnya.

“Kongres VI ini diikuti oleh 24 Cabang PPIT yang berasal dari hampir seluruh kota di Tiongkok, mereka mewakili dari berbagai kota seperti Beijing, Nanjing, Changsa, Tianjin, Harbin, Shenyang, Nanchang, Qingdao, Xiamen, Hangzhou, Shanghai, Chongqing, Guangzhou, Wuhan, Nanning, Guilin, Hefei, Suzhou dan Ningbo,” tambah Aryo.

Levinsia Marcilia selaku ketua panitia pelaksana Kongres VI PPI Tiongkok  mengatakan menjadi kebanggaan tersendiri PPIT telah mempercayakan Kongres VI  ini kepada PPIT Hangzhou karena menjadi pengalaman berharga baginya dan teman-temannya. Dan mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Indonesia, Anggota PPIT, Para Sponsor yang telah mendukung penuh suksesnya acara ini.

Di penghujung Kongres, melalui pemilihan tertutup Raynaldo Aprilio mahasiswa Indonesia asal Ningbo terpilih sebagai Ketua Umum periode 2017-2018 setelah bersaing ketat dengan melalui perhitungan suara terbuka.

Raynaldo Aprilio, dalam sambutan terpilihnya mengajak kepada semua unsur di PPI Tiongkok baik yang memilih dia atau tidak bersama-sama membangun dan memajukan organisasi demi semakin mengibarkan Indonesia di Tiongkok.

PPI Tiongkok yang berdiri 28 Oktober 2012 dalam Kongres Pelajar Indonesia di Beijing tersebut awalnya dideklarasikan oleh 14 perwakilan organisasi pelajar di 14 kota di Tiongkok. Sejak akhir tahun 2013 lalu bertambah menjadi 19 Cabang dengan terbentuknya Cabang baru yakni Cabang Harbin, Tianjin, Shenyang dan Qingdao.

(Red, PWD / Ed, pw)

 

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: