Peringati 10 November, PPI Sudan Adakan Pentas Seni

PPIDUNIA.ORG, Sudan – Semarak Hari Pahlawan memang tidak lekang oleh zaman dan tempat. Meski jauh di perantauan, Persatuan Pelajar Indonesia di Sudan (PPI Sudan) yang secara khusus direpresentasikan oleh Departemen Seni dan Budaya (DESBUD), menyelenggarakan Pentas Seni dan Budaya dalam rangka memperingati Hari Pahlawan kali ini. Acara diselenggarakan pada hari Kamis (10/11) dan bertempat di Wisma Duta RI, Khartoum.

Pentas Seni dan Budaya merupakan acara tahunan yang secara khusus diprakarsai oleh DESBUD PPI Sudan. Acara ini diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 10 November dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional. Di dalamnya terdapat berbagai performance para mahasiswa yang berasal dari berbagai latar belakang.

sudan2

PenSi 2016 kali ini mengusung tema origami, yaitu seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahannya biasanya berupa kain atau kertas. Lalu kemudian  ratusan origami tersebut akan ditempelkan ke panggung sebagai aksesoris dekorasi panggung dan pertamanannya.

Acara berlangsung mulai pukul 19.30 EAT, dengan dipandu oleh Tio Kurniawan dan Faisal Syawie. Diawali dengan sambutan-sambutan dan kemudian dilanjutkan dengan acara secara resmi yang dibuka oleh Duta Besar RI Sudan ,Drs. Burhanuddin Badruzzaman dan disusul dengan grand opening yang berupa pemutaran video serta penampilan drama tentang Hari Pahlawan.

Acara berlanjut dengan performance-performance yang ditampilkan oleh para mahasiswa hingga para personel TNI yang bertugas di UNAMID (United Nations African Union Hybrid Mission in Darfur). Performance terdiri dari berbagai macam tarian seperti Tari Ya Saman dan Tari Piring. Lalu ada juga drama kabaret dan deklamasi puisi dari PCI NU Sudan, hingga penampilan music band, karaoke serta penampilan dari para personel TNI di Sudan. Semuanya berhasil memeriahkan dan menyemarakkan malam ‘Peringatan Hari Pahlawan 10 November”  yang dihadiri oleh ratusan WNI serta mahasiswa ini.

sudan1

PenSi 2016 berahir pada pukul 22.30 dan diakhiri dengan penutupan serta beberapa pengumuman terkait kemahasiswaan serta himbauan untuk selalu menjaga keselamatan seiring dengan kurang kondusifnya ekonomi di Sudan belakangan ini. Usai penutupan PenSi 2016, acara dilanjutkan dengan berfoto bersama.[FA/AJU]

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: