PERMIRA Sukses Menyelenggarakan ASEAN Day di MGIMO, Moskow

Liputan Rusia, Senin (25/4/2016) Departemen Luar Negeri Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira) bekerja sama dengan Moscow State Institute of Relations (MGIMO) menggelar acara ASEAN Day, di MGIMO, Moskow, Rusia. 

Pada acara yang menarik perhatian para mahasiswa dan akademisi ini ditampilkan pagelaran kebudayan negara-negara ASEAN, seminar seputar hubungan negara ASEAN dengan Rusia, dan ditutup dengan panel diskusi dengan
menghadirkan presentasi dari mahasiswa negara-negara perwakilan ASEAN dan Russia dengan topik “Masa Depan hubungan ASEAN-Russia”. Event dibuka secara resmi oleh penjabat fungsi PENSOSBUD KBRI Moskow, Nanang Fadila dan Koordinator acara ASEAN Day Wanda Umagapi Mahasiswi Master Politikal Analisis dan Kebijakan Publik HSE.

13119921_10206334337699692_6176406456671129733_o

 

“Diharapkan dengan acara ini mahasiswa dari negara ASEAN bisa saling tukar informasi dalam geo-politic saat ini antara negara ASEAN dengan Rusia,” ujar Nanang di depan sekitar 300 mahasiswa yang hadir dalam acara tersebut.

Acara ASEAN Day yang pertama kali diselengarakan di Rusia ini bertujuan menjaga hubungan antara mahasiswa dari negara-negara ASEAN serta Rusia, sehingga mampu mencuri perhatian mahasiswa dan akademisi untuk menghadiri kegiatan tersebut. Acara ini juga untuk menyambut ASEAN-Russia summit Mei mendatang.

“Terima kasih atas partisipasi dari teman-teman mahasiswa asing, khususnya dari negara-negara ASEAN yang hadir dalam acara ini. Saya berharap acara ini bisa terlaksana setiap tahun. Tahun ini kami mahasiswa Indonesia yang jadi tuan rumah. Mungkin tahun depan bisa mahasiswa dari Malaysia atau Filipina yang jadi tuan rumah. Intinya acara ini harus diadakan tiap tahun,” ucap Ketua Pelaksana ASEAN Day 2016, Wanda Umagapi.

13064565_10206334372580564_1668592223951776255_o

Acara ini juga terdapat penampilan dari mahasiswa Rusia yang membawakan lagu tradisional Vietnam yang menunjukkan kalau banyak orang Rusia yang memang belajar budaya negara-negara di ASEAN dan ini merupakan bukti nyata hubungan baik kedua negara. Bapak Victor Sumsky (Director dari ASEAN center MGIMO) juga menyambut baik etikad mahasiswa Indonesia ini karena memang tujuannya sangat bagus, selain memperkenalkan ASEAN di depan banyak orang yang merupakan mahasiswa yang bukan dari negara ASEAN di bidang budaya dan pendidikan tetapi dalam acara tersebut pengetahuan kita juga bertambah karena memang terdapat diskusi dan debat tentang bagaimana hubungan kedua pihak dapat memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan kemajuan kedua negara. (Red. JLU)

You May Also Like

%d bloggers like this: