Pernyataan Sikap Bersama PPI Dunia dan PKDLN

12

Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia) telah bersepakat akan melakukan advokasi bersama-sama dengan Perhimpunan Karyasiswa Dikti Luar Negeri (PKDLN) untuk menyelesaikan berbagai permasalahan terkait Beasiswa DIKTI yang seringkali terjadi berulang kali. Langkah bersama ini sebagai upaya untuk turut berperan serta dalam memperbaiki sistem dan mutu pendidikan Indonesia di masa mendatang. Mari rapatkan barisan, sebab perjuangan belum berakhir.

PERNYATAAN SIKAP BERSAMA
PERHIMPUNAN PELAJAR INDONESIA SE-DUNIA (PPI DUNIA)
DAN
PERHIMPUNAN KARYASISWA DIKTI LUAR NEGERI (PKDLN)

Terkait dengan permasalahan mengenai pengelolaan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN), PPI Dunia dan PKDLN mengeluarkan Penyatakan Sikap Bersama sebagai berikut:

  1. Berdasarkan data dan fakta yang telah kami himpun bahwa benar telah terjadi permasalahan dalam pengelolaan BPP-LN DIKTI yang berdampak cukup serius terhadap keberlangsungan studi para Karyasiswa Dikti di berbagai universitas di luar negeri.
  2. Bahwa permasalahan yang selalu terjadi berulang kali tersebut di antaranya terkait dengan:
    a. Pola pengelolaan anggaran dan keuangan;
    b. Tingkat kepercayaan perguruan tinggi luar negeri terhadap surat jaminan (guarantee letter) yang dikeluarkan DIKTI rendah
    c. Keterlambatan pembayaran tuition fee dan living allowance;
    d. Masa studi dan prosedur perpanjangannya;
    e. Tidak ada upaya proaktif untuk menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi di luar negeri;
    f. Hambatan komunikasi antara Karyasiswa DIKTI dengan DIKTI; dan
    g. Prosedur dan Standar operasi pelayanan yang tidak transparan dan konsisten.
  3. Bahwa meminta dan mendesak agar DIKTI dapat melakukan evaluasi dan perbaikan manajemen terhadap berbagai permasalahan tersebut agar dikelola menjadi lebih profesional dengan mengutamakan pelayanan masyarakat.
  4. Dalam merumuskan solusi permanen yang konkret terkait permasalahan BLN DIKTI, kami berharap agar perwakilan mahasiswa, khususnya yang terhimpun di dalam PKDLN, dapat turut diikutsertakan untuk berdialog dalam pembahasan untuk mencari solusi yang menyeluruh dan permanen.
  5. Kami mendukung adanya gagasan untuk melakukan pengalihan pengelolaan BLN DIKTI ke Badan Layanan Umum (BLU) apabila beberapa permasalahan di atas tidak dapat terselesaikan.

Demikian Pernyataan Sikap Bersama ini kami sampaikan. Semoga niat baik dan semangat tulus ikhlas untuk turut memperbaiki pengelolaan BLN DIKTI yang lebih profesional dapat terwujud termasuk untuk menjaga citra baik bangsa Indonesia di mata perguruan tinggi dan institusi di dunia.

Koordinator PPI Dunia 2014 – 2015, Ahmad Almaududy Amri dan Ketua PKDLN, M. Nasir Sonni

Tokyo, 22 September 2014

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: