Perwakilan PPI Hungaria, PPI Finlandia dan Noble berpartisipasi bersama Departemen Pendidikan BEM UPI Kampus Cibiru dalam acara Festival Luar Negeri dan Tes TOEFL 2017

Liputan Bandung— Tim Festival Luar Negeri kembali melebarkan sayapnya. Acara yang diselenggarakan untuk memberikan informasi mengenai beasiswa dan juga menjembatani mahasiswa, guru-guru, pascasarjana dan masyarakat umum untuk mengetahui tingkat kemampuan TOEFL nya ini mengangkat tema yang sangat menarik “Get Scholarship, Hold The World For Smart Education” pada hari Minggu, 26 Maret 2017  kemarin di Aula Lt.3 UPI Kampus Cibiru. Ini merupakan kerja sama departemen pendidikan BEM UPI kampus Cibiru dengan perwakilan PPI Hungaria dan PPI Finlandia serta Noble sebagai narasumbernya.

Direktur UPI Kampus Cibiru, Dr. H. Asep Herry Hernawan, M.Pd. secara resmi membuka acara yang kemudian dilanjutkan dengan seminar yang akan disampaikan oleh empat pembicara, yaitu perwakilan PPI Hongaria, Niken Larasati, S.MB.MSM, perwakilan PPI Finlandia, D.T. Alysa Bachtiar, S.Sos. M.A, Zaenal Abidin, S.Pd dan Sri Mulyatie, S.Pd. Niken Larasati, S.MB.MSM selaku perwakilan dari PPI Hongaria dalam kesempatannya banyak menjelaskan mengenai studi di negara Hongaria terkait hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan apabila seseorang ingin mendapatkan beasiswa di negara Hongaria, biaya hidup, keuntungan-keuntungan yang didapat ketika menjadi pelajar di negara Hongaria, sistem pendidikannya sampai kepada kebudayaan masyarakat Hongaria itu sendiri.

Hal serupa juga dijelaskan oleh Alysa Bachtiar selaku perwakilan dari PPI Finlandia, yang menjelaskan tentang studi di negara Finlandia. Mulai dari sistem pendidikannya, bagaimana caranya menghadapi culture shock sampai pada kehidupan Muslim di negara tersebut. Berbeda hal nya dengan Zaenal Abidin yang merupakan lulusan dari UPI Kampus Cibiru tersebut, yang berhasil mendapatkan beasiswa LPDP dalam negeri. Dalam kesempatannya beliau memberikan motivasi untuk mendapatkan beasiswa, memberikan pemahaman akan pentingnya bahasa Inggris serta pentingnya menyeimbangkan kehidupan akademik dan organisasi. “Orang yang diperlukan oleh negara ini adalah orang yang seimbang dalam kedua hal tersebut dalam artian bahwa manusia harus memiliki kebermanfaatan bagi manusia yang lain”, ujarnya.

Pembicara yang terakhir adalah Sri Mulyati, ia seorang founder dari Noble yaitu sebuah institusi yang bergerak di bidang tes Toefl. Beliau menjelaskan secara gamblang mengenai tips and trick dalam mengerjakan soal Toefl. Dengan adanya acara seperti ini para pemateri berharap dapat membantu para peserta seminar agar memiliki semangat yang tinggi untuk mencari beasiswa dimanapun berada serta memberi kesempatan bagi siapapun yang ingin mendapatkan beasiswa baik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri.
Dalam acara kali ini beberapa stand dari berbagai perwakilan PPI Negara seperti dari India, Swedia, Finlandia dan Inggris juga hadir untuk memeriahkan acara seminar di UPI Kampus Cibiru ini. Acara ditutup dengan Tes TOEFL dari NOBLE yang dilaksanakan di Aula Lt.3 UPI Kampus Cibiru. (Red: Restu, Ed: Adam)

Galeri foto:

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: