Perwakilan PPI Polandia berpartisipasi bersama UKMPR Unsoed di Gebyar Kepenulisan dan Karya Tulis (Gendis) 2016

Liputan Purwokerto. Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Riset (UKMPR) Kabinet Intensif, Unsoed kerjasama dengan perwakilan PPI Dunia dari PPI Polandia, Warsono El-Kiyat sebagai narasumber di seminar Gebyar Kepenulisan dan Karya Tulis (Gendis) bertemakan “Write Your Imagination to be Bright Future” pada hari Minggu, 4 Desember 2016 di Unsoed, Purwokerto.

Acara yang diadakan di Gedung Pasca Sarjana Unsoed ini merupakan rutinitas tahunan UKMPR dalam seminar kepenulisan. Tujuan dari acara ini adalah untuk mempertajam pemahaman tentang karya tulis ilmiah dan memberikan motivasi kepada generasi muda untuk berkarya melalui kepenulisan.

img_8981
Narasumber dan Moderator dalam acaraya Gebyar Kepenulisan dan Karya Tulis

Setelah peresmian acara pembukaan oleh Wildan Zaki Mubarok selaku Presiden UKMPR 2016, sesi berikutnya dilanjutkan dengan seminar dan penyampaian materi oleh 3 pembicara. Warsono El Kiyat, S. TP mengawali dengan menjelaskan tentang kepenulisan karya tulis ilmiah dan motivasi kepenulisan. Selanjutnya, Sani Iskandar S. Si. membahas tentang kepenulisan secara global. Terakhir, Hendri Warsito, S.Farm., Apt. membahas jurnal ilmiah dan artikel ilmiah serta pencarian ide penulisan. Seluruh sesi dimoderatori oleh Nur Halimah dengan audiensi dari berbagai kalangan mahasiswa dan siswa/i SMA di Banyumas.

Sesi selanjutnya setelah pemaparan keseluruhan adalah diskusi dan tanya jawab kepada 3 orang pembicara tersebut oleh peserta yang hadir. Para peserta tampak antusias bertanya mengnai kepenulisan terutama karya tulis ilmiah.

Setelah diskusi panel, acara dilanjutkan dengan simulasi kepenulisan berdasarkan pembagian kelompok dari para peserta. Di sesi ini,  pengurus UKMPR membimbing peserta untuk menuliskan gagasannya terlebih dahulu yang kemudian dikembangkan berdasarkan outline yang telah dirancang. Ketiga pembicara pun turut berpartisipasi mengevaluasi tulisan-tulisan tersebut.

Warsono memaparkan harapannya agar para peserta yang hadir terus mengembangkan karyanya terutama di bidang kepenulisan.

“Gendis ini memberikan informasi penting tentang kepenulisan, baik karya tulis ilmiah maupun karya tulis lain yang dapat dijadikan sarana untuk memperoleh prestasi melalui jalur kompetisi. Harapannya, para peserta dapat termotivasi untuk bisa berkarya dan mengharumkan nama institusinya masing-masing,” jelas Warsono. (adam/NZ)

#FLNDesember

Galeri Kegiatan

This slideshow requires JavaScript.

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: