PPI Dunia dan BEM FIP UNJ Semarakkan Hari Guru dengan Festival Pendidikan

Dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional, PPI Dunia berkerjasama dengan BEM FIP Universitas Jakarta (UNJ) mengadakan Festival Pendidikan. Dalam acara yang dilaksanakan pada hari Kamis, 3 November 2016 di aula Maftuchah Yusuf Gedung Dewi Sartika, narasumber dari PPI Dunia mengajak peserta untuk berani melanjutkan kuliah di luar negeri. 

Dalam acara festival pendidikan ini, tim FLN PPI Dunia diwakili oleh Rizki Putri Rezna Hassan (PPI UK) dan Nadi Guna Khairi (Sekjen PERMIAS (USA) 2015-2017). Talkshow dimulai oleh Rizki Putri Rezna Hassan dengan memperkenalkan kegiatan PPI Dunia kepada seluruh peserta Festival Pendidikan.

Setelah memperkenalkan aktivitas PPI Dunia, Rizki berbagi motivasi, informasi, dan pengalaman beliau selama belajar di luar negeri. Empat poin alasan untuk belajar diluar negeri dijabarkan dengan menarik oleh Rizki.

BEM FIP UNJ menyampaikan bahwa poin pertama yang dijabarkan oleh Rizki adalah self development. Pada point ini, Rizki mengatakan bahwa “great things never come from comfort zone”.  Disadari atau tidak, saat kita memaksakan diri untuk keluar dari zona nyaman, maka potensi diri kita akan terbangun. Selanjutnya, dengan berkuliah di luar negeri, soft skill yang kita miliki akan berkembang dan membuat diri kita menjadi lebih fleksibel, toleran, percaya diri, dan mandiri.

Kemudian, Rizki menekankan bahwa berkuliah diluar negeri berarti kita akan mendapatkan more opportunites. Ada banyak kesempatan karir di luar negeri dengan beragam bidang studi dan profesi yang spesifik dan berbeda dengan kondisi di dalam negeri. Terakhir, belajar di negara asing akan menjadi sebuah adventure tersendiri untuk kita. Sisi menyenangkan kuliah di luar negeri adalah menikmati kuliner dan objek-objek wisata terkenal seperti keajaiban dunia secara langsung serta dapat menikmati berbagai fasilitas yang lengkap dan murah.

img_0039
Peserta Festival Pendidikan 2016

Setelah Rizki menyampaikan informasi dan motivasi mengenai pengalamannya di luar negeri, Nadi Guna Khairi, yang kini sedang menempuh pendidikan di University of Redland, Los Angeles, berbagi pengalaman dirinya sebagai self funded student di negeri paman sam. Di Amerika, Nadi tidak hanya belajar namun juga bekerja. Nadi menyampaikan bahwa bekerja di luar negeri membuat kita harus pandai membagi waktu antara waktu belajar dan waktu bekerja. Kelebihan dalam melakukan kerja sambil belajar di luar negeri adalah bertambahnya relasi dan tabungan pengalaman di masa depan.

Sekjen PERMIAS USA ini juga menyatakan bahwa dengan berkuliah di luar negeri, kita akan berkontribusi kepada negara Indonesia sebagai ambassador yang mempromosikan pariwisata dan budaya di Indonesia kepada masyarakat di luar negeri. Nadi Guna Khairi mengatakan bahwa, “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina! Maka, jangan takut untuk keluar negeri! Kejarlah pendidikan sampai ke negara impian!”

Suasana Talkshow Festival Pendidikan UNJ
Suasana Talkshow Festival Pendidikan UNJ

Rangkaian acara festival pendidikan selesai pukul 16.00 WIB yang ditutup dengan foto bersama seluruh panitia Festival Pendidikan 2016.

“er is geen slechter raadgeefster dan de vrees!”
Tak ada pedoman yang lebih celaka daripada ketakutan!!!!!!
-pepatah belanda-

Untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik!

 

Galeri Kegiatan :

This slideshow requires JavaScript.

Sumber Gambar :

BEM FIP UNJ

oleh :

TIM FLN PPI Dunia

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: