PPI Dunia Kawasan Asia Oseania Gelar Simposium Maritim di Hongkong

Liputan Hongkong, Ratusan pelajar Indonesia di kawasan Asia Osenia menghadiri Simposium PPI Dunia Kawasan Asia Oseania. Persoalan maritim menjadi topik dalam simposium yang diselenggarakan di Hongkong 9-10 April 2016.

Simposium yang dibuka langsung oleh Sugeng Rahardjo sebagai duta besar Indonesia di Republik Rakyat Tiongkok dan Mongolia di Hongkong University, dihadiri 11 perwakilan delegasi PPI Negara di kawasan Asia dan Oseania.

Dalam sambutannya Duta Besar menyampaikan dukungannya terkait tema “Ketahanan dan Pemberdayaan Kemaritiman Indonesia Menuju Poros Kekuatan Maritim Dunia”.

Menurutnya, mengingat fokus Pemerintah RI saat ini dalam mengembangkan kapasitas kemaritiman negara, pihaknya meyakini bahwa penyelenggaraan simposium ini sangat tepat.

Apresiasi duta besar juga disampaikan kepada Chalief Akbar, KJRI Hongkong yang bersedia menjadi tuan rumah dalam agenda PPI Dunia khususnya PPI Kawasan Asia-Oseania bersama PPI Tiongkok dalam simposium ini.

“Inisiatif Pelajar Indonesia di kawasan Asia Oseania untuk mengumpulkan mahasiswa Indonesia dari berbagai negara di kawasan Asia Pasifik untuk berdialog mengenai topik penting ini diharapkan dapat memberi pencerahan kepada dunia maritim Indonesia kedepannya,” jelasnya lebih lanjut .

IMG_0024

Gregorius Rionugroho Harvianto, Koordinator kawasan PPI Dunia Asia Oseania dalam sambutannya menyampaikan bahwa simposium ini adalah wujud kecintaan pelajar Indonesia yang belajar di luar negeri khususnya kawasan asia oseania.

“Berharap hasil dari simposium ini dapat dirumuskan dan dijadikan acuan untuk pembangunan maritim Indonesia lebih baik di dunia,” jelasnya.

“Steven Guntur sebagai kordinator PPI Dunia melihat bahwa tema maritim adalah tema yang tepat dipilih PPI Kawasan Asia Oseania. Keterlibatan pemuda untuk membangun maritim Indonesia adalah salah satu wujud kepedulian anak bangsa untuk negaranya.“ Saat bertemu dengan menteri kelautan tahun lalu di Rusia.

Sejumlah Speakers hadir dalam simposium tersebut. Arif Havas Oegroseno, Deputi Menko Kemaritiman dan Sumber Daya, Prof. Jamaludin Jompa Dekan fakultas kelautan UNHAS Makassar, serta sejumlah speakers lainnya.

Materi-materi menarik terkait maritim dibahas mendalam dari segala aspek, mulai dari ekonomi sosial politik dan ekonomi kelautan. (dw)

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

%d bloggers like this: