PPI Groningen luncurkan Modul Anti Stress untuk mahasiswa Indonesia

Memulai hidup baru sebagai mahasiswa S1, S2, maupun S3 di luar negeri pasti membawa tantangan tersendiri bagi setiap orang. Perubahan kondisi adalah hal yang tidak terhindarkan, dan penyesuaian di berbagai sisi perlu dilakukan. Penyesuaian ini biasanya tidak hanya dibutuhkan di awal, karena seiring berjalannya waktu, tantangan-tantangan baru sangat mungkin bermunculan terkait studi, pergaulan, dan penyesuaian budaya secara umum. Fenomena ini umum dialami oleh mahasiswa yang menempuh studi di luar negeri, termasuk mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi di Groningen.

Oleh karena itu, Bidang Layanan Konseling Psikologi yang baru dibentuk pada kepengurusan PPIG 2016/2017 di bawah Divisi Kelembagaan dan Pelayanan Anggota berinisiatif untuk menyusun modul “Stress Management” yang dipersembahkan untuk seluruh anggota PPIG khususnya dan mahasiswa Indonesia di Belanda dan sekitarnya pada umumnya. Adapun modul ini membahas stres dan pengelolaannya yang bersifat umum, dilengkapi dengan lembar kerja untuk mendukung latihan mandiri.

Pertanyaan yang muncul kemudian mungkin seperti berikut ini: “Bukankah masalah yang dialami setiap  orang pasti berbeda-beda? Lalu, bagaimana modul “Stress Management” yang bersifat umum dapat menjawab kebutuhan masing-masing orang?”. Pertanyaan ini sangat relevan dan sangat mungkin muncul di kepala banyak orang. Bidang Layanan Konseling Psikologi menyusun modul ini berlandaskan dasar berpikir pengelolaan stres yang umum diaplikasikan. Ketika sedang berada di bawah stres, biasanya kita akan mengalami penurunan kemampuan fungsi di berbagai aspek, misalnya menjadi lebih mudah menyerah saat menghadapi tantangan terkait studi, menjadi kurang cekatan dalam mengambil keputusan dalam kehidupan sehari-hari, menjadi lebih sulit mengendalikan emosi saat berkonflik dengan orang lain, dan lain-lain. Oleh karena itu, modul ini berusaha menyajikan cara mengelola stres secara umum yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing terkait stres yang sedang kita hadapi.

Harapannya, dengan difasilitasi oleh modul ini, masing-masing dari kita dapat mengelola stres yang sedang kita alami secara lebih baik hingga level stres tersebut menurun. Setelah level stres menurun, secara perlahan fungsi yang sempat terganggu di berbagai aspek tadi akan ikut membaik, dan kita akan kembali lebih siap menghadapi berbagai tantangan hidup yang harus kita hadapi.

Semoga modul “Stress Management” ini dapat bermanfaat untuk semua yang menggunakannya.

 

Modul stress management PPIG 2017  <— silakan di download disini

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: