PPI Mengajar: Kursus Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing di Bumi Maroko

Liputan Fez – Pada tanggal 11 Maret 2017 lalu telah diadakan acara PPI Mengajar yang merupakan program utama departemen Sumber Daya Insani  (SDI) PPI Maroko untuk periode 2016-2017. Di program ini, para mahasiswa dituntut untuk menyalurkan bakat dan kemampuannya dalam proses pengajaran terhadap masyarakat Maroko. Dan pada Sabtu lalu telah terlaksana untuk kedua kalinya kegiatan Kursus Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing.   

Acara berlangsung penuh antusias dari para peserta yang kebanyakan berasal dari para mahasiswa Universitas Sidi Mohammed Bin Abdellah, Fez. Suatu kehormatan dihadiri oleh sebagian kalangan para dosen, khususnya Ustadz Syiba’I selaku koordinator program pengembangan bahasa di Fakultas Syariah.

Kegiatan ini dikomandoi oleh teman kita, saudara Syauqy Arinal Haq sebagai mentor yang memimpin jalannya khursus Bahasa Indonesia ini. Materi dimulai dari pengejaan alphabet Indonesia, diiringi dengan contoh kalimat di setiap huruf yang disebutkan. Para peserta dengan semangatnya menirukan setiap kata yang disebutkan mentor dengan logat Arab mereka yang kental.

Untuk jumlah peserta semakin bertambah dibanding pertemuan pertama, dengan total 19 orang. Demi menunjang kemudahan dalam memahami materi, mentor menggunakan power point yang berisi materi berbentuk soft file dan ada juga selebaran Kamus Arab-Indonesia yang berisi kalimat-kalimat Bahasa Indonesia yang diserap dari Bahasa Arab. Untuk memancing antusias dan perhatian para peserta, Syauqy memberikan hadiah berupa uang kertas 2000-an kepada siapa saja yang berani membaca satu paragraf berbahasa Indonesia. Walhasil, para peserta pun berebut mengacungkan tangan dan mulai membaca kata demi kata walaupun dengan terbatah-tabah tapi dengan niat belajar yang tinggi berhasil menyelesaikan bacaan tersebut.

Setelah pembacaan kosa-kata bahasa Indonesia beserta terjemahnya ke bahasa Arab, Syauqy mulai menghibur para peserta dengan diputarnya video Wonderful of Indonesia dan video promosi tentang kebudayaan, adat, musik tradisional Indonesia untuk mencairkan suasana dalam keakraban. Disela-sela pelajaran pun terjadi dialog interaktif antara para peserta dan mentor dalam tanya jawab atau sekedar bagaimana  cara pengucapan yang baik.

Sebelum mengakhiri pelajaran kali ini, Syauqi pun menambahkan sedikit maklumat tentang Republik Indonesia. Mulai dari batas teritorial, lambang negara, bendera Sang Saka Merah Putih, presiden Republik Indonesia, agama-agama yang berkembang di Indonesia, serta nama-nama kota besar dan jumlah penduduk Indonesia sendiri. Acara ditutup dengan bacaan hamdalah dengan harapan semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat dimanapun berada. Serta dapat mempromosikan Indosia di kancah Internasional. Salam hangat dari PPI Maroko!

(Red, manarul / Ed, pw)

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: