PPI Singapura – Bakti Sosial “PPIS AID 2017” ke Pulau Pecung, Indonesia

PPI Singapura kembali mengadakan kegiatan bakti sosial (baksos) “PPIS AID” ke Pulau Pecung, Indonesia pada tanggal 18-19 Februari 2017 lalu yang berkolaborasi dengan PPI Universitas “InSIM” (Indonesian in Singapore Institute of Management).

“1 Dollar 1 Post Card Project” dalam kegiatan bakti social PPIS AID 2017 ke Pulau Pecung Credit Photo: Team Publicity PPIS XI – A.C.

Kegiatan baksos yang merupakan salah satu projek Tim Sosial Edukasi Komite PPIS XI ini didukung oleh KBRI Singapura yang dimulai dari tahun 2016. Kegiatan tahun ini diikuti oleh 37 orang yang mayoritas berkuliah di Singapore Institute of Management (SIM), Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA), dan Kaplan Singapore.

Pada acara PPIS AID tahun ini, PPIS memberikan berbagai donasi baik dalam bentuk barang maupun tenaga. Mahasiswa/i yang berasal dari berbagai universitas di Singapura ikut mengajarkan Bahasa Inggris di sekolah yang muridnya akan melaksanakan ujian nasional. Hal ini dilakukan karena murid-murid tersebut baru mengenal pelajaran Bahasa Inggris saat mereka duduk di bangku SMP.

Setelah mengajar, para mahasiswa/i dari Singapura menghabiskan waktu bersama anak – anak di Pecung dan diajak ke suatu bukit tertinggi di Pulau Pecung yang memiliki pemandangan yang menakjubkan. Pada malam harinya, mahasiswa-mahasiswi tersebut disuguhkan pertunjukan yang telah dipersiapkan oleh masyarakat Pulau Pecung untuk acara baksos ini dengan diisi tarian hingga ikut menari bersama mereka.

Tarian yang dilakukan oleh anak – anak Pecung pada saat malam acara baksos
Credit Photo: Team Publicity PPIS XI – A.C.

 

Tidak hanya disuguhkan tarian, mereka juga diajak ke pesisir pantai sembari membakar jagung untuk anak – anak Pecung dan peserta baksos dan diisi dengan cerita dan canda tawa. Pada saat ini lah peserta baksos merasakan bahwa anak-anak di Pecung sudah seperti keluarga sendiri.

Keesokan harinya peserta baksos melakukan gotong royong membersihkan lingkungan disekitar Pulau Pecung dan dilanjutkan bermain bersama anak – anak Pecung di pantai sebelum makan siang dan kembali ke Singapura.

Kegiatan gotong royong bersama saat di Pulau Pecung
Credit Photo: Team Publicity PPIS XI – A.C.

 

Mahasiswa-mahasiswi perwakilan PPIS ini harus berpisah dengan anak – anak Pecung setelah beberapa hari meluangkan waktu bersama dalam acara baksos “PPIS AID 2017” ini. Meskipun sedih dan berat untuk berpisah dengan mereka tetapi para peserta baksos harus kembali ke Singapura untuk melanjutkan kuliah.

“Meskipun banyak tantangan yang dihadapi dalam acara baksos PPIS AID tahun ini, tetapi melihat peserta dan anak – anak Pecung dapat bercengkrama seperti keluarga merupakan kepuasan tersendiri dimana mereka juga senang dengan kehadiran kami dan di sisi lainnya, menyaksikan dan merasakan secara langsung kehidupan mereka membuat kita belajar hidup dengan kesederhanaan.” – Saras Nandiasha., Head of Social Education PPIS XI

Foto bersama dengan peserta “PPIS AID 2017”. Di tengah (dari kiri ke kanan): Sherly Amelia Wijaya (Sekretaris Jenderal PPI Singapura 2016/2017), Ibu Aisyah Endah Palupi (Atase Pendidikan Kebudayaan KBRI Singapura), Saras Nandiasha (Kepala Divisi Sosial Edukasi PPIS Komite XI). Credit Photo: Team Publicity PPIS XI – A.C.

(Red: Bryan Bramaskara / Ed: NZ)

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: