PPI UK Adakan Pelantikan dan Silaturahmi dengan PPI Cabang

Liputan PPI UK, London – Perhimpunan Pelajar Indonesia United Kingdom (PPI-UK) menyelenggarakan acara pelantikan dan silaturahmi antar Pengurus PPI UK dan PPI Cabang pada hari Minggu (4/12) waktu setempat. Acara tersebut diadakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London serta dihadiri oleh perwakilan PPI cabang dari 24 kota di Inggris dan juga Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Inggris & Irlandia Utara, Y.M. Dr. Rizal Sukma.

Pengurus PPI UK bersama Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris dan Irlandia Utara, Dr. Rizal Sukma
Pengurus PPI UK bersama Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris dan Irlandia Utara, Dr. Rizal Sukma

Dalam pembukaan rapat kerja ini, Bapak Rizal kembali menekankan akan pentingnya peran PPI dalam mempromosikan Indonesia dan mengembangkan kerja sama dengan berbagai mitra. Hal ini sesuai dengan tujuan kegiatan kali ini yaitu untuk membangun kerjasama yang solid antar PPI-UK dan semua organisasi pelajar di Kerajaan Inggris & Irlandia Utara.

PPI UK adalah sebuah organisasi yang terdiri dari pelajar-pelajar Indonesia yang terjaring di berbagai kota di Kerajaan Inggris & Irlandia Utara melalui PPI Cabang dan Perwakilan. Organisasi ini bertujuan untuk memfasilitasi pelajar Indonesia agar dapat berkontribusi aktif bagi peningkatan kualitas akademik maupun non-akademik. Saat ini jumlah pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Kerajaan Inggris & Irlandia Utara mencapai kurang lebih 3000 orang.

Acara perdana PPI UK untuk kepengurusan tahun 2016-2017 ini dimulai dengan penandatanganan surat pengesahan pengurus oleh Bapak Rizal dan Ketua PPI-UK, Alanda Kariza. Hal ini sekaligus menjadi tanda dimulainya masa kerja kepengurusan baru PPI-UK 2016-2017. Kepengurusan baru ini terdiri dari 66 pengurus yang terbagi dalam 10 departemen, yaitu Internal Organisasi, Keuangan, Kemahasiswaan, Minat & Bakat, Seni Budaya, Komunikasi dan Informasi, Kewirausahaan, Pengabdian Masyarakat, Riset dan Kajian strategis, dan Hubungan Eksternal.

Pemaparan program kerja
Pemaparan program kerja

Salah satu kegiatan utama pada acara kali ini adalah pemaparan masing-masing program kerja dari PPI-UK dan 25 PPI cabang yang hadir. Hal ini dilakukan agar masing-masing organisasi dapat mengenal dan saling mendukung program kerja satu sama lain. Di samping itu, diadakan juga diskusi langsung antar PPI Cabang yang berada dalam satu cakupan wilayah, sehingga memungkinkan adanya kerja sama yang lebih komprehensif antar PPI Cabang yang berdekatan secara geografis.

Acara kemudian ditutup dengan pembacaan kesimpulan hasil diskusi sebelum semua peserta kembali ke kota tempat tinggal masing-masing. Acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 hingga 17.00 ini berjalan dengan lancar karena dukungan berbagai pihak yang terlibat.

Manfaat diskusi ini dapat dirasakan oleh semua peserta yang hadir. Aulia Jati, perwakilan dari PPI Liverpool, mengungkapkan bahwa dengan pertemuan dan diskusi ini dia dapat lebih mudah untuk menjalankan program kerja yang telah disusunnya. Jati juga menambahkan bahwa rapat kerja ini sangat baik untuk menyamakan visi antar PPI yang ada di Inggris. Dia berharap agar di kemudian hari tidak akan ada program kerja yang saling tumpang tindih baik dari PPI UK, PPI Cabang maupun KBRI.

Foto bersama seluruh peserta dengan Dr. Rizal Sukma
Foto bersama seluruh peserta dengan Dr. Rizal Sukma

Tentang PPIUK

Perhimpunan Pelajar Indonesia di United Kingdom (PPI UK) adalah organisasi yang terdiri dari pelajar-pelajar Indonesia yang terjaring di berbagai kota di United Kingdom melalui PPI Cabang dan Perwakilan. PPI Cabang adalah PPI pada tingkat kota yang memiliki setidaknya 10 orang pelajar. Sampai saat ini telah terdapat 36 PPI Cabang di wilayah United Kingdom. Apabila Anda adalah seorang warga negara Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di UK, maka Anda adalah bagian dari keluarga besar PPI UK. Informasi selengkapnya bisa dilihat di website kami: http://ppiuk.org/profil/organisasi/

(AB)

 

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: