PPI Wales hadiri kunjungan Duta Besar RI untuk Inggris di Cardiff University

Pada Senin, 21 November 2016 Dr. Rizal Sukma, Duta Besar RI untuk Inggris, mengunjungi Cardiff University untuk memberikan presentasi mengenai perkembangan terkini hubungan Indonesia dan Inggris. Acara yang dimulai pada pukul 15.00 waktu Cardiff ini dihadiri oleh pelajar-pelajar Indonesia di Cardiff serta profesor dan pengajar Cardiff University.

Foto bersama Dr. Rizal Sukma, Duta Besar RI untuk Inggris
Foto bersama Dr. Rizal Sukma, Duta Besar RI untuk Inggris

Dr. Rizal Sukma membuka acara dengan memperkenalkan diri dan memberikan sambutan kepada hadirin yang datang. Selanjutnya, beliau menjelaskan bahwa Indonesia dan Inggris memiliki hubungan yang baik dan kuat terlepas dari keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa. Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Raya ini menjabarkan 3 bentuk kerja sama paling utama antara Indonesia dan Inggris, yaitu kerja sama di bidang Industri Kreatif, Kemaritiman, dan Edukasi.

Indonesia mendukung kerja sama di bidang edukasi dengan cara memberikan beasiswa untuk belajar di Inggris kepada ribuan mahasiswa Indonesia. Salah satu beasiswa yang diberikan adalah LPDP oleh kementerian keuangan dan BUDI (Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia). Namun, menurut Bapak Dubes Rizal, kerja sama dalam bidang ini dapat ditingkatkan jika pemerintah Inggris juga mendukung dalam memberikan lebih banyak beasiswa kepada pelajar Indonesia. Hal ini telah menjadi agenda diskusi antara Indonesia dan Inggris dan diharapkan akan terwujud dalam waktu dekat.

Tidak hanya menjelaskan mengenai hubungan antara Indonesia dan Inggris, Bapak Rizal juga memaparkan 3 hal yang perlu dilakukan agar Indonesia dapat menjadi negara maju. Pertama, sekitar 17,845 pulau di Indonesia perlu dihubungkan agar perkembangan ekonomi dapat terdistribusi dengan merata. Untuk mewujudkan hal ini, perbaikan infrastruktur di Indonesia sangat diperlukan.  Kedua, Indonesia perlu memperbaiki sistem birokrasi untuk mempermudah jalannya bisnis. Dengan begitu, roda ekonomi di Indonesia dapat berjalan dengan lebih baik dan diharapkan ekonomi Indonesia dapat meningkat. Ketiga, seperti yang telah diusahakan selama ini, korupsi di Indonesia harus diberantas.

Dr. Rizal Sukma memberikan pemaparan mengenai hubungan Indonesia-Inggris
Dr. Rizal Sukma memberikan pemaparan mengenai hubungan Indonesia-Inggris

Setelah selesai menyimak presentasi selama sekitar 40 menit, hadirin diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi dengan Bapak Rizal Sukma. Beliau berdialog dengan beberapa profesor dan pengajar di Cardiff University serta pelajar-pelajar Indonesia mengenai Kemaritiman Indonesia, Islamic Economy, dan pentingnya menyebarkan pencapaian-pencapaian Indonesia di media luar negeri.

Acara selanjutnya adalah temu akrab antara PPI Wales dan Bapak Dubes Rizal. Dalam kesempatan ini, ketua PPI Wales, Dionisius Lintang Umboro, memperkenalkan 2 organisasi pelajar Indonesia di Wales, yaitu PPI Wales dan Indonesian Society. Dion menjelaskan bahwa PPI Wales adalah Perhimpunan Pelajar Indonesia yang berada di kota-kota di Wales, contohnya Cardiff, Swansea, Bangor, dan Aberystwyth. Sedangkan Indonesian Society adalah sebuah organisasi di bawah Cardiff University yang berisikan pelajar-pelajar Indonesia yang sedang menempuh studi di Cardiff University.

Dalam perbincangannya dengan PPI Wales, Dubes RI London mengatakan bahwa beliau mendorong seluruh warga Indonesia yang berada di luar negeri untuk memperkenalkan Indonesia kepada warga lokal di negara tempat mereka tinggal.

Sesi temu akrab yang diisi dengan diskusi dan perbincangan mengenai Indonesia ini berlangsung secara kondusif dan hangat selama kurang lebih 1 jam. Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan oleh PPI Wales kepada Dubes RI London dan oleh KBRI London kepada PPI Wales. Pelajar-pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPI Wales menyampaikan rasa terima kasih atas kedatangan Bapak Duta Besar Rizal Sukma dan kesempatan untuk berdiskusi dengan beliau.

 

(Red: NZ)

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: