PPMI Arab Saudi Resmikan PPMI Qassim dan PPMI Jazan

Buraidah – PPMI (Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia) di Arab Saudi Meresmikan Cabang ke-6, yaitu PPMI Qassim, setelah sebelumnya telah memiliki 5 cabang, yaitu; PPMI Riyadh, PPMI Jeddah, PPMI Makkah, PPMI Madinah dan PPMI Dhahran.

Qassim sendiri merupakan provinsi yang terletak di antara Provinsi Madinah dan Provinsi Riyadh, beribu kota di Buraidah, 500 km dari Madinah, 350 km dari Riyadh. Wilayah Qassim sudah dikenal sejak zaman Abbasiyah, pada masa pemerintahan Khalifah Harun ar-Rasyid, Qassim merupakan jalur bagi jamaah haji asal Irak untuk menuju ke Makkah.

Qassim terkenal dengan kurmanya, terlebih lagi, Buraidah menjadi tuan rumah Festival Kurma, acara tahunan yang merupakan festival kurma terbesar di dunia, selain itu, di Buraidah juga terdapat pasar unta terbesar di dunia, dan peternakan ayam terbesar di Timur Tengah, dengan hasil produksi setengah juta potong ayam per hari ditambah dengan 1 juta telur ayam per hari.

IMG_0511

Peresmian PPMI Qassim yang diselenggarakan pada hari Sabtu (12/3) ini bertempat di asrama mahasiswa Universitas Qassim, Distrik ar-Rayyan, kota Buraidah, dan berlangsung hangat, acara dimulai dari perkenalan antara Pengurus PPMI Arab Saudi dengan Pengurus PPMI Qassim, dilanjutkan dengan sharing kegiatan kemahasiswaan di pusat dan di cabang, dilanjutkan dengan peresmian berupa penyerahan AD/ART PPMI Arab Saudi dari Ketua Umum PPMI Arab Saudi kepada Ketua PPMI Qassim dan diakhiri dengan makan malam dan ramah tamah.

Saat ini, Sdr Abdullah bin Umar, Mahasiswa S1 Jurusan Qira’at Universitas Qassim, mendapatkan amanah untuk menjadi Ketua PPMI Qassim. Jumlah mahasiswa Indonesia di Universitas Qassim mencapai 49 orang, dengan rincian 44 orang mengambil program Ma’had Lughah (Preparatory Class) dan Sarjana serta 5 orang mengambil program Magister, 2 orang di Jurusan Aqidah, 1 orang di Jurusan Ushul Fiqh, 1 orang di Jurusan al-Qur’an dan 1 orang di Jurusan Teknik Sipil.

PPMI Qasim

Hari kedua (13/3) di Buraidah, Pengurus PPMI Arab Saudi berkesempatan mengunjungi Universitas Qassim di Mulaida, kemudian ke Yayasan Syaikh Muhammad bin Shalih al-Ustaimin dan Masjid Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin di ‘Unaizah, juga melewati Buraidah Water Tower, yang merupakan landmark kota Buraidah dan menunaikan salat di Masjid ar-Rajhi, masjid terbesar di kota Buraidah.

——————-

Madinah – 3 hari setelah meresmikan PPMI Cabang ke-6, Pengurus PPMI Arab Saudi langsung meresmikan PPMI Cabang ke-7, yakni PPMI Jazan. Acara makan siang yang dikemas berupa silaturrahim dan sharing dengan mahasiswa Indonesia yang sedang menyelesaikan studinya di Universitas Jazan dan Universitas Tabuk, dengan rincian 6 orang di Universitas Jazan, dan 2 orang di Universitas Tabuk, yang keduanya saat ini sedang menyelesaikan Program Institut Bahasa Arab di KAU (King Abdulaziz University), Jeddah.

IMG_0490

Acara berlangsung di RM Turki dan dihadiri oleh Ketua Umum PPMI Arab Saudi, Sdr. Imam Khairul Annas, Sekretaris PPMI Arab Saudi, Sdr. R. Azri Alhaq, Ketua PPMI Madinah, Sdr. Arif Usman Anugraha dan Ketua PPMI Madinah Demisioner, Sdr. Sufyan Tsauri Muhammad Elyas.

Jazan merupakan salah satu provinsi di Arab Saudi yang terletak di selatan negara, dan berbatasan langsung dengan negara Yaman, adapun Tabuk, merupakan provinsi yang berbatasan dengan negara Yordania.

PPMI Cabang ke-7 dari PPMI Arab Saudi dipimpin oleh Ketuanya Sdr. Muhammad Hanifan Musliman Maas, Mahasiswa Semester 1, Fakultas Syari’ah Universitas Jazan.

DSC_0129

Semoga kedepannya, PPMI Qassim dan PPMI Jazan dapat terus aktif menjadi wadah silaturrahim dan perekat ukhuwwah antara pelajar dan mahasiswa Indonesia di Qassim dan Jazan, menjalin hubungan baik dengan Masyarakat Indonesia di Qassim dan Jazan, menjalin kerjasama dengan PPMI Pusat, PPMI Cabang dan PPI-PPI Negara lain, serta memberikan kontribusi dan senantiasa menyebarkan manfaat untuk agama, bangsa dan negara.

Selamat untuk PPMI Qassim dan PPMI Jazan!
Barakallah…

Selasa, 6 Jumada ats-Tsaniyyah 1437 H/15 Maret 2016 M

You May Also Like

%d bloggers like this: