PPMI Makkah dan PPMI Jeddah Adakan Temu Mahasiswa serta Audiensi dengan Konjen RI Jeddah

Liputan Makkah – PPMI Makkah dan PPMI Jeddah mengadakan acara “Temu Mahasiswa Makkah-Jeddah dan Audiensi dengan Konsul Jenderal RI Jeddah” pada hari Jum’at malam, 9 Desember 2016 di Istirohah A’ilah di daerah Husainiyyah, Makkah. Acara ini dihadiri oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia di Jeddah, Bpk. M. Hery Saripudin, Pelaksana Fungsi Konsuler-II KJRI Jeddah, Bpk. Ahmad Sayfuddin, Pelaksana Fungsi Pensosbud-I KJRI Jeddah, Bpk. Muhammad Sukarno, Pelaksana Fungsi Pensosbud-II KJRI Jeddah, Bpk. Syarif Shahabuddin dan Dr. Fahmi Islam Jiwanto, Penerjemah Masjidil Haram.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an oleh Sdr. Widi Gelar Anugrah, Mahasiswa Universitas Umm al-Qura, dilanjutkan dengan sambutan Ketua Panitia Sdr. Abdul Atieq Syarifuddin, Lc, dan sambutan Ketua Umum PPMI Arab Saudi, Sdr. Imam Khairul Annas. Setelah itu, konsultasi publik dengan narasumber Bpk. Ahmad Sayfuddin kemudian sambutan dari Konjen RI Jeddah. Konjen Hery berpesan kepada mahasiswa yang hadir pada acara ini agar berbekal ilmu yang cukup sebelum berkiprah di tengah masyarakat.

whatsapp-image-2016-12-13-at-7-07-50-pm“Ulama atau cendikiawan cirinya adalah berpikir kritis. Saya mengharapkan adik-adik (mahasiswa) berpikir kritis, mempertimbangkan benar atau salah, salah atau tidak. Jangan berpikiran pada satu dogma, fanatik pada satu aliran saja,” pesan Konjen Hery kepada para mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Makkah dan Jeddah yang berasal dari Universitas Umm al-Qura Makkah dan Universitas King Abdulaziz Jeddah.

Konjen juga memberi semangat kepada mahasiswa agar terus berijtihad. “Mahasiswa sebagai bagian dari kaum cendikiawan tidak boleh silo-minded berpikiran sempit. Harus banyak melakukan sharing of thoughts (bertukar pikiran). Ijtihad walaupun salah akan dapat pahala satu. Apalagi benar, maka berpahala-pahala kita dapat, daripada tidak berijtihad sama sekali,” demikian Konjen menyitir sebuah hadis.

Ijtihad dalam agama Islam merupakan tindakan mencurahkan segenap tenaga dan pikiran secara bersungguh-sungguh untuk menetapkan suatu hukum. Konjen Hery juga berpesan agar mahasiswa menaati hukum negara setempat, prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang dianut masyarakat setempat. “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.”

whatsapp-image-2016-12-13-at-7-08-04-pmSementara itu, Dr. Fahmi Islam Jiwanto yang hadir sebagai narasumber pada kegiatan tersebut mendorong mahasiswa agar membuka komunikasi guna memperkuat persatuan antar sesama mahasiswa Indonesia di Arab Saudi. “Carilah tempat-tempat berkumpulnya orang-orang shaleh seperti kampus dan masjid. Jangan sampai pergi jauh-jauh datang ke tempat yang mulia ini (Makkah dan Madinah), pulang (ke tanah air) membawa masalah,” ujar dosen Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud yang ditugaskan sebagai penerjemah di Masjidil Haram, Makkah.

Selain itu, dia juga mengingatkan mahasiswa agar tidak membawa masalah khilafiyah (perbedaan pendapat dalam hukum Islam) ke khalayak umum, apalagi menyebarkannya di media sosial, kecuali ke tengah-tengah masyarakat yang berpendidikan.

Menurut mantan dosen LIPIA Jakarta ini, agama Islam itu adalah suatu sistem atau sirkuit.  “Satu ayat melengkapi ayat lainnya dan tidak berdiri sendiri atau terpisah dari ayat lainnya. Jangan sampai satu ayat dibawa ke mana, yang lain dibawa ke mana.”

Pria lulusan S1 Madinah, S2 Yaman dan S3 Maroko ini mengajak mahasiswa agar menyadari bahwa Indonesia adalah negara kaya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Oleh karena itu negara lain akan merasa senang kalau bangsanya meributkan perbedaan karena mereka ingin merebut kekayaan negaranya.

“Janganlah masalah-masalah yang terjadi di negeri orang dibawa-bawa ke negara kita,” pungkasnya.

Selanjutnya, presentasi program kerja PPMI Jeddah oleh Ketua PPMI Jeddah, Sdr. Herika Muhammad Taki, M.Sc, dan presentasi program kerja PPMI Makkah oleh Ketua PPMI Makkah, Sdr. Mubarok Ainul Yaqin, Lc. Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan kepada Konjen RI Jeddah, Bpk. Hery, PF Pensosbud-II KJRI Jeddah, Bpk. Syarif dan Dr. Fahmi Islam serta perfotoan bersama peserta acara dengan Konjen RI Jeddah dan rombongan. (Red, imam / Ed, pw)

whatsapp-image-2016-12-13-at-6-04-06-pm-1

whatsapp-image-2016-12-13-at-6-03-50-pm-1

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: