Presiden Jokowi adakan dialog singkat terbatas dengan Ketua PPI India

Presiden Joko Widodo mengadakan kunjungan kenegaraan ke India pada tanggal 12-13 Desember 2016 lalu. Dalam kunjungan tersebut, Presiden ditemani oleh Ibu Negara dan beberapa Menteri dari Kabinet kerja yang akan melangsungkan pertemuan dengan Perdana Menteri India, Narendra Modi, dan Presiden India, Pranab Mukherjee, untuk membicarakan penguatan kerjasama antara India dan Indonesia terutama dalam bidang perekonomian. Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi dalam sambutan singkat ramah tamah bersama Masyarakat dan Pelajar Indonesia di India yang berlangsung di Wisma KBRI New Delhi pada 13 Desember 2016.

Pasca pidato singkat dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama, ketua PPI India, Brenny Novriansyah Ibrahim, mendapatkan kesempatan untuk berbincang langsung dengan Presiden Jokowi, Ibu Iriana Jokowi, dan Ibu Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri) dalam acara makan siang bersama. Dalam hal ini, Duta Besar Indonesia untuk India, Bapak Rizali Wilmar Indrakesuma juga turut mendampingi.

Dalam percakapan singkat ini, ketua PPI India memaparkan tentang kondisi pelajar Indonesia di India dan juga menyampaikan program kerja PPI India selama satu tahun kedepan. Brenny juga mewakili Pelajar Indonesia di India menyampaikan komitmen untuk kembali mengabdi dan turut mensukseskan pembangunan Indonesia. Selanjutnya, Brenny menyampaikan masih banyaknya mahasiswa Indonesia di India yang berkuliah dengan self finance dan memohon agar lembaga penyedia beasiswa semacam LPDP dan lainnya bersedia menjadikan India sebagai Negara tujuan untuk studi bagi mahasiswa Indonesia. Menanggapi hal ini, Menteri Retno berjanji akan menyampaikannya pada kementrian keuangan.

 


Gambar 1 : Foto Presiden Jokowi dan rombongan bersama masyarakat dan pelajar Indonesia di New Delhi,India.

Sebaliknya, Presiden menanyakan tentang beberapa hal terkait biaya pendidikan di India dan biaya hidup pelajar di India yang ditanggapi langsung oleh Brenny. Menutup acara makan siang bersama, Presiden dan Ibu Menteri Luar Negeri berpesan kepada para pelajar Indonesia di India untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan mendoakan untuk kesuksesan mereka. Pasca makan siang, Presiden bersama tim langsung bertolak ke bandara untuk kunjungan selanjutnya menuju Iran.

(FR/AASN)

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: