Press Release PPI Turki terkait Bom Ankara

Press Release

Pernyataan Sikap Terkait Bom Ankara

Sehubungan dengan serangan bom bunuh diri yang terjadi di Pusat Kota Ankara, Kizilay pada Minggu (13/3) waktu Turki dan konfirmasi atas berbagai pertanyaan, kami menyampaikan beberapa hal.

1. Serangan bom terjadi pada pukul 18.45 di distrik Kizilay, jantung kota Ankara. Kizilay adalah area pusat transportasi yang menghubungkan metro bawah tanah dengan distrik lain di Ankara.

2. Laporan media NTV, Senin (14/2) pukul 09.30 pagi mengutip pernyataan Menteri Kesehatan Mehmet Müezzinoğlu Turki, terdapat 37 orang tewas, 15 kritis dan 71 luka. 27 orang tewas ditempat saat kejadian. Sementara 1 orang pelaku sudah teridentifikasi. Pemerintah Turki menyebut pelaku adalah organisasi teroris PKK ( Kurdistan Worker Party).

3. Sejak Oktober 2015 sudah terjadi 3 (tiga) serangan bom di Ankara. Pertama 10 Oktober 2015 yang dilakukan ISIS dan menewaskan 103 orang. Kemudian pada 17 Februari 2016 menewaskan 29 orang yang menyerang mobil militer. Sementara yang kemarin, Minggu (13/3) bom mobil menyerang bus transportasi publik. Sejauh ini tidak ada laporan ada WNI yang menjadi korban.

4. Melihat eskalasi serangan teror yang terjadi, WNI (pelajar) bukan menjadi target sarangan teroris, namun meskipun demikian WNI (pelajar) bisa saja menjadi korban salah sasaran. Untuk itu diharapkan terutama kepada seluruh pelajar di di Turki yang berjumlah 769 orang dan tersebar lebih di 20 kota untuk selalu waspada, berhati hati dan senantiasa menjaga komunikasi dengan sesama pelajar. Termasuk menjauh dari tempat keramaian.

5. Berdasarkan tren yang ada dengan peta geopolitik Turki serta stabilitas keamanan kawasan serangan teror semacam ini bisa jadi bukan yang terakhir. Untuk itu diharapkan terutama kepada seluruh elemen (Pelajar, KBRI dan Pemerintah RI) memberi perhatian lebih besar dalam mengantisipasi kemungkinan terburuk yang bisa saja menimpa pelajar atau WNI.

6. PPI Turki sebagai representasi organisasi Pelajar Indonesia akan mengambil langkah strategis untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan seluruh PPI Wilayah dan Organisasi Kemitraan dengan membentuk Jaringan komunikasi bersama. Selain terus mengintensifkan komunikasi dengan KBRI Ankara serta otoritas terkait di Turki.

Demikian pernyataan ini kami sampaikan. Semoga dapat dimaklumi dan terima kasih atas segala perhatian.

Ankara, Senin 14 Maret 2016

Pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Turki
Periode 2016-2017

Ketua Umum
Azwir Nazar, M.Si

Sekretaris Umum
Ongky Duta Pratama

Kontak Person: +905535533814 (Azwir Nazar)

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

%d bloggers like this: