Program Kerja

Program Kerja PPI Dunia

Divisi P2EKA (Pendidikan, Politik, Ekonomi, dan Agama) adalah divisi yang dibentuk untuk merealisasikan rencana-rencana aksi PPI Dunia hasil diskusi pada Simposium Internasional 2016 di Kairo. Divisi ini dibagi menjadi empat komisi:

Komisi Pendidikan:

1. Gerakan Pembangunan 1000 Sekolah Dasar (Revitalisasi 1000 Sekolah Dasar) Dilatarbelakangi oleh permasalahan tidak meratanya kualitas pembangunan sekolah dasar di kota dan di desa Indonesia, PPI Dunia merencanakan gerakan ini dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan kepada siswa-siswi sekolah dasar dalam menimba ilmu.
Target revitalisasi sekolah ini adalah sekolah-sekolah yang berada di desa yang belum disentuh oleh pemerintah. Gerakan revitalisasi 1000 sekolah akan dilakukan oleh para volunteer yang sebelumnya direkrut melalui open recruitment.

2. Gerakan Koin Untuk Guru Gerakan ini dibentuk guna menyentuh kesadaran pemerintah akan kesejahteraan para guru baik guru honorer atau guru yang berada di daerah terpencil di Indonesia. Kegiatan yang akan dilakukan adalah penggalangan dana dalam bentuk koin dan sindiran kepada pemerintah dalam bentuk petisi.

3. Gerakan Perpustakaan PPI Dunia Gerakkan ini bertujuan untuk menggalakkan budaya minat baca-tulis dan kaderisasi generasi bangsa yang moralis, kreatif dan produktif. Penyebaran dan pendirian perpustakaan dikonsentrasikan ke daerah-daerah 3T dan atau yang dirasa perlu. Perpustakaan dan pengelola akan dilindungi payung hukum pemerintah setempat.
Pada perpustakaan-perpustakaan yang didirikan ini, akan diadakan beberapa program seperti: resensi singkat buku dan menginformasikannya ke masyarakat, kelas membaca dan menulis dengan resensi buku yg tersedia, program pengkhataman buku dalam jangka waktu yang ditentukan, dsb.

4. Gerakan Kelas Inspirasi Kelas Inspirasi merupakan sebuah program yang diinisiasi oleh PPI se-Dunia dan BEM Indonesia yang ditujukan untuk para mahasiswa atau ex-mahasiswa lulusan luar negeri untuk berbagi pengalaman dan inspirasi kepada siswa SMA atau sederajat.
Para relawan ini akan cuti satu hari untuk mengajar di SMA mengenai pengalaman mereka sehari-hari saat kuliah di luar negeri. Mereka akan berbagi cerita tentang perjuangan mereka untuk menginspirasi murid-murid SMA, tentang keberanian untuk bermimpi yang tinggi dan menunjukkan bagaimana cara untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut.

Komisi Politik

1. Memperkuat Tim Kajian Papua PPi Dunia Maraknya isu gerakan separatis Papua Barat mendorong PPI Dunia untuk mengirimkan tulisan hasil kajian mengenai papua ke setiap media di negara masing-masing PPI Negara. Komisi Politik Divisi P2EKA akan memperkuat Tim Kajian Papua PPI Dunia yang telah dibentuk pada masa kepengurusan sebelumnya.

Komisi Ekonomi

1. Peningkatan perekonomian Masyarakat Indonesia di level grass root Memperkuat dan memperluas sistem informasi perdagangan dari petani ke konsumen. Metode:
- Memilih desa binaan dengan kerjasama LPPM IPB, UIN Jakarta, UIN Palembang, UNPAD, UGM
- Pembentukan tim ad hoc yang berisi PJ untuk parameter keberhasilan
- Summer vacation collaboration between PPI and BEM by contributing in BINA Desa program

Komisi Agama

1. Tim Kajian Strategis Pembentukan tim kajian dan diskusi online ini merupakan hasil diskusi pada sidang komisi Agama di Simposium Internasional Kairo 2016 pada bulan Juli lalu. Ini merupakan wujud nyata gerakan yang dibentuk para pelajar yang ada di luar negeri dalam mengurangi radikalisme dan ekstremisme yang sedang marak terjadi di Indonesia.

2. Tim Media Kerohanian Program ini bertujuan untuk meningkatkan toleransi umat beragama dengan cara pembuatan buku atau video tentang isu-isu agama yang dikemas secara menarik dan mudah dipahami masyarakat. Isu-isu yang diangkat bukan hanya isu di dalam agama islam saja, namun juga isu-isu yang terdapat di agama lain.
Diharapkan setiap kawasan mengirimkan 1 orang perwakilan untuk diskusi online di Radio PPI Dunia dan seluruh artikel, tulisan, maupun publikasi oleh tim ini dapat dibukukan. Hal ini bertujuan agar seluruh pembahasan yang telah dilakukan oleh Tim Media Kerohanian dapat dirasakan manfaatnya dalam jangka panjang.
Divisi Biro Pers adalah divisi dalam PPI Dunia yang berfungsi untuk menyebarkan informasi dan mempublikasikan aktifitas-aktifitas pelajar Indonesia di luar negeri melalui platform-platform yang dimiliki PPI Dunia (website dan media sosial).

1. Renegosiasi kontrak dengan mitra media
Demi keberlanjutan kerja sama antara PPI Dunia dan mitra media, dibutuhkan renegosiasi dengan mitra-mitra media untuk memperpanjang dan menyempurnakan kontrak yang selama ini sudah ada.

2. Menjalin kerja sama dengan mitra media baru
Dilatarbelakangi kebutuhan untuk menyebarluaskan informasi tentang pelajar Indonesia di luar negeri secara lebih luas, maka PPI Dunia melakukan perjanjian Kerja sama dengan mitra media untuk membangun relasi baru yang saling menguntungkan.

3. Pelatihan Jurnalistik PPI Dunia
Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Divisi Biro pers, diadakan pelatihan jurnalistik setiap 4 bulan sekali dengan narasumber yang berbeda-beda.

4. Pembuatan video memperingati hari-hari nasional
Divisi Biro Pers PPI Dunia membuat video-video untuk memperingati hari-hari nasional di Indonesia. Video-video ini diuqnggah ke akun YouTube PPI TV (http://youtube.com/ppitvchannel).
Ada 2 tipe video yang dilakukan. Tipe pertama adalah video kompilasi ucapan dari PPI-PPI Negara dan tipe yang kedua adalah video refleksi hari nasional oleh anggota PPI yang merupakan ahli di bidang yang berkaitan dengan hari nasional tersebut.

5. Penyebaran informasi tentang pelajar Indonesia di luar negeri
Melalui wadah-wadah yang dimiliki PPI Dunia (website, FB Page, Instagram, dan Twitter) dan mitra media, Divisi Biro Pers menyebarkan informasi tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh PPI Dunia, Negara, dan pelajar-pelajar Indonesia di seluruh dunia. Hal ini dilakukan untuk menambah pengetahuan publik tentang kehidupan, kegiatan dan aktivitas pelajar Indonesia di luar negeri.

6. Pembaharuan desain website PPI Dunia
Untuk menampilkan website PPI Dunia yang lebih user-friendly, situs http://ppidunia.org kerap dibenahi dan diperbaharui sesuai kebutuhan.

7. Kerja sama dengan Divisi Pendanaan PPI Dunia
Dalam mendukung upaya peningkatan pemasukan untuk membiayai aktifitas-aktifitas PPI Dunia, Divisi Biro Pers mendukung Divisi Pendanaan dalam mencari dana dengan memfasilitasi kebutuhan-kebutuhannya (contoh: advertisement merchandise di website).

8. Booklet PPI Dunia 2016/2017
Pembuatan elektronik booklet tentang PPI Dunia 2016/2017 dikarenakan minimnya informasi tentang PPI Dunia dan kepengurusannya pada periode ini.
9. Pembuatan profil PPI Negara (bekerja sama dengan PPI TV)
Untuk memberikan informasi dan mengenalkan PPI Negara kepada publik, Divisi Biro Pers PPI Dunia mendukung PPI Negara untuk membuat video profil yang akan diunggah ke akun YouTube PPI TV.
Divisi Pendanaan adalah divisi dalam PPI Dunia yang berfungsi untuk mengumpulkan dana guna membiayai kegiatan PPI Dunia. Seluruh program dalam Divisi Pendanaan dilaksanakan dengan sifat nirlaba dan langkah independen, sesuai dengan AD/ART PPI Dunia.

1. Iuran
Divisi Pendanaan menghimbau pembayaran iuran yang ditujukan kepada seluruh PPI Negara untuk mengumpulkan kas PPI Dunia.

2. Merchandise
Divisi Pendanaan membuat merchandise PPI Dunia yang akan dijual untuk menambah pemasukan PPI Dunia

3. Shipping
Pengeksporan barang khas Indonesia (makanan dan batik) ke Mesir, Rusia, Sudan, Tiongkok, dan Yordania. Negara-negara ini dipilih karena banyaknya peminat barang-barang Indonesia di negara-negara tersebut yang membuat mereka menjadi pasar yang menjanjikan.

Program Kerja Kawasan

Simposium PPI Kawasan Amerika dan Eropa
= Acara tahunan untuk berkumpulnya delegasi PPI Negara dan aktualisasi visi dan misi PPI Kawasan Amerika dan Eropa untuk setahun ke depan.

Forum PhD
= Pendataan PhD di masing-masing PPI Negara di dalam kawasan Amerika dan Eropa. Hal ini dilakukan sebagai media pertukaran informasi antar PhD di kawasan Amerika dan Eropa

Kamar Pelajar
= Wadah untuk menyediakan tempat menginap pelajar Indonesia (khususnya di Amerika dan Eropa)

Pendataan pelajar-pelajar Indonesia di Eropa Timur dan Amerika Latin
= Pembuatan database untuk pendataan mahasiswa di Eropa Timur dan Amerika Latin di luar lingkup PPI Negara anggota PPI Dunia
Simposium PPI Kawasan Timur Tengah dan Afrika
= Kegiatan tahunan PPI Kawasan TimTengKa untuk PPI Negara saling bersilaturahmi dan membahas program-program kerja PPI Kawasan Timur Tengah dan Afrika

Orientasi studi TimTengKa
= sarana untuk memperkenalkan mengenai studi di kampus2 yg ada di timteng dan afrika ke murid-murid SMA di Indonesia (terutama pesantren dan sekolah islam)

Program Waqoor (bekerja sama dengan Radio PPI Dunia)
= Program sahur di bulan Ramadhan yang diadakan oleh Radio PPI Dunia. PPI Kawasan Timur Tengah dan Afrika mengkoordinir narasumber yang kompeten pada bidang atau tema yg telah ditentukan oleh Radio PPI Dunia dalam mengisi program tersebut

Buku Wisata TimTengKa
= Pembuatan e-book mengenai review atau ulasan serta informasi penting mengenai tempat-tempat wisata yang ada di Timur Tengah dan Afrika.

Pembentukan Aliansi Wanita Muslimah Kawasan Timur Tengah dan Afria (AKTA)
= Pembentukan aliansi ini didasarkan pada keinginan para muslimah di Kawasan Timur Tengah dan Afrika untuk memiliki wadah khusus dalam berorganisasi. Dikarenakan kultur Kawasan Timur Tengah dan Afrika yang berbeda dari kawasan lain, maka dari itu dirasa perlu untuk membentuk aliansi wanita muslimah Kawasan Timur Tengah dan Afrika untuk menangani isu-isu terkait wanita khususnya.

Pembuatan database kawasan timtengka
= Menghimpun semua data anggota dari setiap PPI negara untuk keperluan menjadi database PPI Kawasan Timur Tengah dan Afrika.

Pendataan seluruh program kerja PPI Negara di kawasan TimTengKa

Optimalisasi media sosial PPI Kawasan Timur Tengah dan Afrika
Simposium PPI Kawasan Asia dan Oseania
= Simposium PPI Kawasan adalah kegiatan tahunan di mana delegasi PPI Negara bertemu untuk membahas program-program dan kepentingan PPI Kawasan AsiaNia.

Pembuatan Timeline Kerja PPI Kawasan AsiaNia
= Pembuatan timeline program kerja PPI Negara di Kawasan Asia dan Oseania untuk memudahkan Divisi Biro Pers dalam membantu mempublikasikan kegiatan-kegiatan tersebut.

Pengelolaan Media Sosial PPI Kawasan AsiaNia (Facebook & Instagram)
= Memberikan informasi dan mempublikasikan setiap aktivitas yang dilakukan PPI Kawasan dan PPI Negara secara konsisten

Kas Kawasan
= Setiap PPI Negara mengumpulkan uang kas yang akan digunakan untuk mendanai Simposium PPI Kawasan Asia dan Oseania

Buletin Asiania
= Publikasi acara-acara dan program-program kerja yang dilaksanakan oleh PPI Negara di kawasan Asia dan Oseania

Diskusi Online Halo Asiania
= Diskusi dengan narasumber dari PPI Negara di kawasan Asiania melalui Radio PPI Dunia. Program ini dibuat untuk berbagi informasi yang dimiliki oleh para pelajar Indonesia di kawasan Asia dan Oseania kepada publik.

Buku Belajar Asia-Oseania
= Pembuatan buku yang berisi informasi dan cerita-cerita untuk menginspirasi masyarakat Indonesia yang inigin belajar di negara-negara kawasan Asia dan Oseania.

Pemberdayaan TKI
= Program ini dibuat untuk membantu para TKI di kawasan Asia dan Oseania dalam menjalani hidup mereka di luar negeri. Program ini juga bertujuan untuk memberikan informasi kepada para TKI tentang bagaimana caranya membangun kehidupan yang lebih layak dari pengalaman dan pendapatan yang mereka dapat di luar negeri.