Pusat Gerakan Kajian PPID

  •   
  •   

Membangun Gerakan Berporos Pengetahuan di Tahun Politik: Catatan Akhir Kepengurusan Pusat Kajian dan Gerakan PPI Dunia 2018/2019

Sejak dibentuk satu dekade silam, PPI Dunia telah berkembang menjadi sebuah organisasi yang diperhitungkan, tidak hanya di antara mahasiswa Indonesia di luar negeri, tetapi juga masyarakat diaspora Indonesia dan masyarakat internasional. Saat ini, 56 PPI Negara sudah bergabung di PPI Dunia, menjadikan PPI Dunia sebagai salah satu wadah terbesar perkumpulan mahasiswa Indonesia secara internasional.Perjalanan ini mendorong pentingnya untuk mereorientasi gerakan PPI Dunia ke depan.

Tulisan berikut memaparkan catatan setahun kepengurusan Pusat Kajian dan Gerakan PPI Dunia 2018/2019. Bergerak di tahun 2018-2019 memang tidak mudah. Pemilu memberikan distraksi yang luar biasa dari platform gerakan berbasis pengetahuan yang sudah kami canangkan. Tentu yang kami lakukan tidak sempurna. Namun, setidaknya, kami berharap bisa memberikan fondasi bagi arah kajian dan gerakan PPI Dunia ke depan, sehingga bisa terus berkelanjutan dan menajamkan kontribusinya bagi pembangunan bangsa Indonesia.

Salam Semangat,

Ahmad Rizky Mardhatillah Umar, Bening Tirta Muhammad, dan Rachmad Adi Riyanto
Tim Pusat Kajian dan Gerakan PPI Dunia 2018/2019