Sambutan Koordinator PPI Dunia

  •   
  •   

Perhimpunan Pelajar Indonesia adalah organisasi yang memiliki sejarah yang panjang bahkan jauh sebelum Indonesia lahir sebagai bangsa yang merdeka. Pada tahun 1908 Soetan Kasajangan Soripada (mahasiswa dari tanah Batak) dan R.M. Noto Soeroto (mahasiswa dari tanah Jawa) dan juga beberapa mahasiswa yang berasal dari Bumi Nusantara yang saat itu sedang menempuh pendidikan di negeri Belanda membentuk Perhimpunan Indonesia.

Organisasi ini kemudian diteruskan oleh beberapa tokoh pergerakan saat itu seperti Gunawan Mangunkusumo, Iwa Kusumasumantri, Sastro Mulyono, Sartono, Sutan Sjahrir dan Moh. Hatta yang pada tahun 1926 menjadi pemimpin dari organisasi ini dan membawa organisasi ini menjadi organisasi yang lantang melawan Imprealisme dan Kolonialisme.

Perhimpunan Pelajar Indonesia terus berkembang, salah satu tokoh yang juga menjadi sorotan adalah Rudy Habibie. Rentang tahun 1957-1959, Habibie yang kala itu menjabat sebagai Ketua PPI Aachen mempunyai semangat untuk mengadakan Seminar Pembangunan yang diharapkan menjadi rumusan gagasan untuk membangun Indonesia yang hitungannya sebagai negara yang baru merdeka, ia menghimpun kawan-kawan pelajar di tanah Eropa dan berhasil mengadakan seminar pembangunan tersebut.

Hingga kini, 9 September 2007, pelajar Indonesia yang menyebar di seluruh penjuru dunia berkumpul di Sydney Australia membentuk sebuah aliansi yang dikenal sebagai Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia.

Kata orang bijak setiap orang ada masanya, setiap masa ada orangnya. Kepengurusan PPI Dunia tahun 2018/2019 mengusung tagline Kolaborasi-Kontribusi. Harapannya PPI Dunia mampu mewadahi seluruh pelajar Indonesia di luar negeri untuk berkolaborasi bersama guna melahirkan kontribusi sebesar-besarnya dan seluas-luasnya untuk Tanah Air tercinta (Indonesia). Kami yakin dengan semangat Kolaborasi-Kontribusi, PPI Dunia akan mampu memberikan banyak kebermanfaatan untuk negeri tercinta.

Salam Perhimpunan !

Salam Kolaborasi Kontribusi !

Fadjar Mulya

Koordinator PPI Dunia 2018/2019

koordinator@ppidunia.org