Sejarah Baru BMI Taiwan: 14 BMI Taiwan Berhasil Mendapat Gelar Sarjana dari Universitas Terbuka

Liputan Taiwan, Dua belas wisudawan Universitas Terbuka Taiwan (UT Taiwan), yang merupakan Buruh Migran Indonesia (BMI), resmi menjadi Sarjana pada Minggu, 29 Mei 2016. Hari itu mereka menerima ijazah sebagai bukti telah merampungkan seluruh proses pendidikan.  Upacara Penyerahan Ijazah dilaksanakan di Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei.

Hadir dari Jakarta untuk menyerahkan ijazah, Pembantu Rektor III Universitas Terbuka, Aminudin Zuhairi, Ph.D. Kepala KDEI di Taipei, Arief Fadillah, Kepala Bidang Ketenagakerjaan KDEI, Devriel Sogia, dan Kepala Bidang Pariwisata dan Perhubungan KDEI (untuk fungsi pendidikan), Agung Sepande bergabung di depan sebagai tamu kehormatan mendampingi Bapak Aminudin. Diiringi lagu “Bagimu Negeri”, para wisudawan maju ke depan menerima ijazah dan ucapan selamat dari para tamu kehormatan.

Setelah menerima ijazah, para wisudawan mengucapkan Janji Wisudawan Universitas Terbuka, dipimpin Priyanto, S.E, dan Anis Kurliana, S.E.

UT Taiwan sendiri pada tahun 2016 ini berhasil meluluskan 14 orang lulusan pertama, dimana dua orang telah diwisuda pada 5 April 2016 di Jakarta, mengingat mereka telah kembali ke Indonesia. Keempat belas lulusan pertama Badan Otonom Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Taiwan tersebut berasal dari tiga Program Studi (Prodi), yaitu Ilmu Komunikasi dengan gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (2 orang), Manajemen dengan gelar Sarjana Ekonomi (8 orang), dan Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemah dengan gelar Sarjana Sastra(4 orang).

Aminudin mengungkapkan rasa bangga kepada para wisudawan. Ia berharap wisudawan terus menumbuhkan sikap berfikir kritis dan kreatif. “Selamat atas keberhasilan Saudara dalam menyelesaikan pendidikan tinggi di Univesitas Terbuka. Kami berharap ini menjadi nilai lebih bagi Saudara. Semoga hal ini bisa meningkatkan kebiasaan berpikir kritis dan berusaha berpikir lebih luas lagi, sehingga bangsa kita menjadi bangsa yang inovatif,” ungkap Amin saat memberikan sambutan.

Sementara itu, sebagai Kepala KDEI, Arief Fadillah mengapresiasi perjuangan para BMI dalam belajar sekaligus bekerja di Taiwan. “Mudah-mudahan wisuda ini menjadi tonggak sejarah bagi para wisudawan untuk menatap masa depan yang lebih baik. Saya sangat bangga dengan sangat minimnya waktu untuk berkonsentrasi belajar dan bekerja, namun semua ini Anda lalui dengan baik. Anda mewakili para TKI menunjukkan semangat juang yang tinggi, cerminan anak bangsa yang akan menentukan masa depan bangsa,” ungkap Arief.

Badan Pelaksana UT Taiwan memberikan penghargaan kepada wisudawan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi masing-masing Prodi. Iqah Kapikah, BMI asal Cilacap, meraih IPK tertinggi Prodi Ilmu Komunikasi (2.32). Sulastri Sukadi, BMI asal Blitar, meraih IPK tertinggi Prodi Manajemen (3.34). Sunarsih, BMI asal Ponorogo, meraih IPK tertinggi Prodi Sastra Inggris (3.1).

Sebagai wisudawan terbaik UT Taiwan periode 2016, Sulastri Sukadi berkesempatan memberikan kata-kata sambutan di hadapan para hadirin. Ia mengaku bangga sekaligus terharu telah menyelesaikan perkuliahan di UT Taiwan. “Hal ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak. Saya bersyukur mendapatkan keluarga baru yang mendukung perkuliahan saya di UT Taiwan. Mr. Tzeng Yung Sein,thank you very much for your chance and permission for my study, ” ungkapnya.

Ia juga berpesan kepada rekan-rekan sesama wisudawan agar tidak berpuas diri atas pencapaian saat ini. “Perjuangan kita belum berakhir. Pergunakan ilmu yang telah kita dapatkan untuk kebermanfaatan bersama,” pungkas pemilik nama samaran Jasmine Indrawan ini.

Akmalul ‘Ulya, Koordinator UT Taiwan menyatakan bangga kepada para lulusan UT Taiwan periode 2016 ini. Sebab, dari 14 wisudawan, 6 wisudawan memiliki IPK di atas 3.

“Alhamdulillah, ada 14 wisudawan dari UT Taiwan untuk periode 1 tahun 2016. Saya bangga kepada para wisudawan. Meskipun harus membagi waktu antara fokus bekerja dan belajar, tetapi banyak yang mampu meraih IPK di atas 3. Semoga kelulusan ini bisa memotivasi teman-teman yang lain agar segera lulus dari UT dengan nilai memuaskan. Kepada wisudawan, semoga kelulusan ini bisa mengantarkan pada pintu kesuksesan yang lebih besar di masa depan,” ungkap Akmal.

Usai upacara, para wisudawan menerima ucapan selamat dari tamu Badan Pelaksana UT Taiwan dan para tamu undangan yang terdiri dari para staf KDEI, perwakilan organisasi-oragnisasi pelajar Indonesia di Taiwan, pendamping wisudawan yang beberapa merupakan majikan dari wisudawan, dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UT. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama dan ramah tamah yang menyuguhkan beberapa penampilan tari tradisional dan lagu Indonesia, serta hidangan makan siang makanan khas Indonesia.

Selamat dan sukses kepada para wisudawan. Selamat menjadi bagian dari agen-agen pembawa perubahan bagi keluarga, masyarakat, dan bangsa menuju kehidupan yang lebih baik! (Red, IK)

 

Caption Foto:

Priyanto dan Anis Kurliana memimpin pembacaan Janji Wisudawan (Foto oleh: Putu Aditya, Dok.UT Taiwan)

 

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

%d bloggers like this: