Seminar Kemahasiswaan PPMI Pakistan

Memasuki era pasar bebas dalam kawasan ASEAN, PPMI Pakistan mengadakan seminar kemahasiswaan bertajuk “Persiapan Mahasiswa Indonesia di luar negeri dalam mengahadapi Masyarakat Ekonomi Asean” yang bertempat di aula Budaya Nusantara KBRI Islamabad, bersama Duta Besar LBBP Republik Indonesia untuk Pakistan Iwan Suyudhie Amri dan juga Guntur Sugiyarto selaku Principle Economist, Asean Development Bank sebagai narasumber ahli dalam bidang ekonomi dan politik, Sabtu (29/4/2017).

Mengawali acara, bapak duta besar memberikan sambutan sekaligus memaparkan pengenalan masyarakat ekonomi asean secara umum. Beliau mengatakan Dengan populasi 620 juta orang, ASEAN merupakan pasar ke-3 terbesar di dunia dan juga ekonomi terbesar ke-7. Di Asia sendiri, ASEAN menempati urutan ke-3. Begitupula tingkat dan kesenjangan kemiskinan menunjukan angka penurunan dan masyarakat kelas menengah meningkat yang artinya ASEAN secara garis besar menunjukan suatu keberhasilan dalam koperasi ekonomi.

Selain itu, Bapak Guntur menambahkan bahwa Cina sekarang sudah tidak cukup lagi menampung rumah produksi. Diperkirakan, rumah produksi ini akan berpindah ke negara-negara ASEAN seperti Laos, Kamboja dan Myanmar. Indonesia yang memiliki tanah yang begitu luas dan sumberdaya yang melimpah memiliki potensi yang sangat besar untuk meningkatkan Gross Domestic Product dan perekonomian.

Akan tetapi, Indonesia masih tertinggal dengan negara-negara ASEAN lainnya dari tingkat pendidikan dan usia produktif kerja. Hal ini yang menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah untuk semakin meningkatkan sumber daya insaninya. Tentu masih ada harapan untuk tenaga kerja Indonesia meningkatkan skill mobility agar mampu bersaing dalam era globalisasi ini. Di akhir acara beberapa mahasiswa unjuk gigi dengan menampilkan beberapa lagu. Tak ingin ketinggalan, PCI NU Pakistan juga menampilkan tim rebana yang baru dibentuk.

(FAA/AASN)

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: