Aplikasi oleh PPI Tiongkok – Sholat Tepat Waktu di Waktu Kuliah yang Padat

Tuntutlah ilmu walau ke negeri China dan tegakkanlah sholat walau di pelosok negeri Tionghoa.

Mungkin ungkapan ini cocok untuk mahasiswa Indonesia yang beragama Islam yang saat ini tengah menuntut ilmu di negeri yang terkenal akan tembok besarnya. Di tengah kesibukan belajar, di sela-sela tugas kuliah yang menumpuk, mahasiswa Indonesia tetap berkarya dengan menuangkan ide-ide mereka melalui kegiatan-kegiatan sosial seperti sholat berjamaah bersama masyarakat muslim disekitar mereka. Hal inilah yang menggerakan hati dan pikiran Bagus Ari Haryo dan teman-teman sesama mahasiswa Indonesia di Kota Wuxi, Provinsi Jiangsu, yuksholat1-1Tiongkok, untuk membuat satu aplikasi yang bisa memudahkan mereka dalam menjalankan sholat di tengah sibuknya waktu kuliah mereka.

Aplikasi yang diberi nama “Yuk Sholat” ini merupakan buah karya dari teman-teman mahasiswa PPIT Wuxi, yang langsung diprakarsai oleh Tim Departemen Media, Publikasi, dan Teknologi. Alasan utama dibuatnya aplikasi ini adalah karena jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di kota Wuxi semakin meningkat setiap tahunnya, bersamaan dengan meningkatnya jumlah penduduk kota Wuxi yang memeluk agama Islam. Alasan lainnya tentu aplikasi ini bisa menjadi pengingat waktu sholat agar masyarakat muslim di kota Wuxi selalu tepat waktu. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan jadwal sholat yang lengkap sehingga bisa dicheck sewaktu-waktu. Sedikitnya jumlah muslim di Tiongkok, khususnya di kota Wuxi, menjadikan suara adzan masih sangat jarang dikumandangkan. Melalui aplikasi ini, mereka bisa mendengar suara adzan ketika waktu sholatyuksholat4 telah tiba. Alasan lainnya adalah untuk memperkuat dan mempertebal keimanan masyarakat muslim khususnya bagi mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Tiongkok ini.

Aplikasi yang diciptakan oleh PPIT Wuxi ini masih terbilang sangat sederhana, namun tim pengembang aplikasi ini terus melakukan perbaikan dan pengembangan yang lebih baik agar nantinya aplikasi ini bisa menjadi referensi masyarakat muslim yang tinggal di Negara non-Muslim seperti halnya situs Islamicfinder yang banyak digunakan ekspatriat muslim Indonesia di seluruh dunia. Untuk tautan mendapat aplikasi ini, para pengguna android bisa mendapatkannya dengan mudah baik di smartphone dengan Android Intel x86 maupun Android armv7. Aplikasi ini sudah bisa diunduh secara langsung melalui Playstore. Selain merilis aplikasi ini, tim PPIT Wuxi juga berharap ada review dan tanggapan berupa kritik atau saran agar aplikasi ini bisa dikembangkan lagi. Selain aplikasi ini, PPIT Wuxi juga berharap bisa mengembangkan aplikasi seperti ini atau aplikasi-aplikasi lainnya bersama rekan-rekan Perhimpunan Pelajar Indonesia di seluruh dunia. (Red: Rahmat Ramadhan/ Ed: Amir)

mamirsyarifuddin

I am M Amir Syarifuddin (M Syarifuddin), hailing from Indonesia. I am a social innovator and a future finance analyst. My passion lies in finding ways to help others achieve their goals and innovate in their fields of expertise. Currently, I am living in Kuala Lumpur, Malaysia and studying in International Islamic University Malaysia majoring International Economics. Over the last few years, I have seen the amazing things a diverse and motivated group of students can accomplish when they put their minds to a task. I love to play Badminton, Bowling, Baseball, Watching Movies, and hanging out with friends. I am a brownies lover and an ice cream freak. My best food of all time is “Mie Ayam Bakso” ever since I was in the middle school. My main aim in life is to extend my vision of the world, discover a new culture, learn to live with differences and dealing with new people.

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: