Silaturrahmi Rutin Tahunan PPI Kawasan Timur Tengah Dan Afrika

Madinah – ppmisaudi.org / Bertempat di RM Sanabel Al Madinah, PPMI Arab Saudi mengadakan Silaturrahmi Rutin Tahunan PPI Kawasan Timur Tengah dan Afrika yang sedang bertugas sebagai Tenaga Musiman Haji (TEMUSH).

Pertemuan ini berlangsung pada hari Sabtu, 8 Oktober 2016, dan dihadiri oleh Imam Khairul Annas selaku Ketua Umum PPMI Arab Saudi 2015-2017 serta beberapa perwakilan dari PPMI Arab Saudi. Selain itu turut hadir juga Agus Mujib selaku Ketua KKMI Libya 2016-2017, Rama Rizana selaku Koordinator Divisi Pendidikan, Politik, Ekonomi, Kebudayaan dan Agama (P2EKA) Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia), Abdul Gofur Mahmudin selaku Presiden PPMI Mesir 2015-2016, Choiriah Ikrima Sofyan yang merupakan Sekretaris PPI Kawasan Timteng & Afrika 2014-2015, Zakiah Rahmah yang pernah menjadi Sekretaris PPI Kawasan Timteng & Afrika 2015-2016, Izuddin selaku Ketua MPA PPI Hadhramaut 2015-2016, Rahmat Ilahi Siregar dari PPI Lebanon, Kamal dan Nuraeni dari PPI Sudan, Irhamni Rofiun dari PPI Tunisia, serta Armi dari PPI Maroko.

Acara diawali dengan makan malam, dilanjutkan dengan taaruf (perkenalan) para peserta silaturrahmi dan pemaparan PPI Negara masing-masing. Selanjutnya, sambutan dan ucapan selamat datang dari Ketua Umum PPMI Arab Saudi, yang juga membacakan sambutan dari Koordinator PPI Kawasan Timur Tengah dan Afrika, Kiagus Ahmad Firdaus.

“Silaturrahim ini adalah kegiatan tahunan, tahun lalu diadakan di Madinah, dan 2 tahun lalu diadakan di Jeddah,” ujar Imam yang sedang menyelesaikan studi di Universitas Islam Madinah.

“Kami PPMI Arab Saudi mengucapkan apresiasi kepada PPMI Mesir yang telah sukses menyelenggarakan Simposium Internasional PPI Dunia tahun 2016, dan kami memohon doa dan dukungan kawan-kawan semoga kami bisa menyelenggarakan Simposium Kawasan dengan baik dan lancar,” lanjut Imam.

Setelah itu, sambutan dari Koordinator Divisi P2EKA PPI Dunia 2016-2017, Rama Rizana, yang juga menyampaikan Program Kerja dari Divisi baru yang ada di PPI Dunia periode ini. “Sekilas tentang Divisi P2EKA, berawal dari Simposium di Kairo kemarin, yang mengadakan 4 Sidang Komisi (Politik, Pendidikan, Ekonomi dan Agama) dan menghasilkan 7 rencana aksi. 7 rencana aksi ini dikerjakan oleh 4 komisi tadi, dan dikawal oleh Divisi P2EKA. 2 rencana aksi yang berasal dari Komisi Agama adalah Pembentukan Tim Kajian Radikalisme Agama serta Tim Media Kerohanian,” terang Rama yang juga merupakan Anggota Dewan Syura dan sekaligus Kepala Departemen Pendidikan PPMI Arab Saudi.

Rama juga mengusulkan agar para mahasiswa Timur Tengah yang menjadi TEMUSH untuk membuat sebuah buku yang menceritakan pengalaman-pengalamannya selama bertugas di Tanah Suci. Ide ini disambut baik oleh para peserta silaturrahim. “Saya sangat setuju, ini akan sangat bermanfaat terutama untuk para petugas di tahun-tahun yang akan datang,” ujar Abdul Gofur.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Azri Alhaq selaku Sekretaris PPMI Arab Saudi; Habli Robbi Waliyya selaku Anggota Badan Otonom Pusat Kajian Strategis PPMI Arab Saudi; Fahmy Husnul Fasya selaku Anggota Departemen Teknologi Informasi PPMI Arab Saudi; Sufyan Tsauri Muhammad Ilyas selaku Anggota Dewan Syura PPMI Arab Saudi; Muhammad Sobri selaku Bendahara PPMI Madinah 2015-2016; dan Asep Sunandar selaku Anggota PPMI Arab Saudi.

Semoga kegiatan ini dapat mendukung program kerja PPI Dunia setahun ke depan serta bisa diselenggarakan kembali di tahun-tahun yang akan datang. (Red, im / Ed, pw)

img-20161010-wa0002

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: