Simposium PPI Amerika-Eropa 2017 (Hari 1) – PPI AMEROP Fokus Bahas Ekonomi Digital

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) se Amerika-Eropa (AMEROP) menggelar pembukaan simposium tahunan pada hari Jumat (19/5) bertempat di KBRI Washington D.C., Amerika Serikat. Berlatar belakang regulasi dan perkembangan dunia ekonomi digital Indonesia yang belum stabil, maka tema yang diangkat kali ini adalah “Kekuatan bangsa: Ekonomi Digital sebagai keunggulan bersaing Indonesia”.

Acara yang akan berlangsung hingga hari Minggu (21/5) ini dihadiri oleh Koordinator PPI Dunia Intan Irani, Koordinator PPI AMEROP 2016-2017 Kreeshna Siagian, Sekretaris Jendral PERMIAS Nasional Nadi Guna Khairi, dan Ketua Panitia Simposium PPI AMEROP Andre Yahya. Dalam sambutannya, Koordinator PPI Dunia Intan Irani mengatakan dirinya merasa bangga karena akhirnya bisa datang ke salah satu simposium kawasan di PPI Dunia. ’’Saya yakin bahwa kita bisa menjadi generasi masa depan yang membawa perubahan positif dan kreatifitas efektif demi Indonesia yang lebih baik,’’ papar Intan.

Kata sambutan oleh Bapak Ismunandar, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Washington, D.C.

Rentetan kegiatan simposium kawasan telah dimulai sejak Maret lalu yang dimulai di Taiwan untuk Simposium kawasan Asia-Oseania, lalu di Madinah untuk kawasan Timur Tengah dan Afrika, dan kini Washington, D.C. untuk kawasan Amerika-Eropa. Satu lagi yang menjadi puncak dari kepengurusan Intan nanti adalah Simposium Internasional PPI Dunia yang akan digelar di University of Warwick, United Kingdom Juli mendatang. PPI AMEROP sendiri, terdiri dari sekitar 16.000 anggota pelajar yang tersebar 25 negara. Namun untuk simposium kali ini dihadiri oleh 26 anggota delegasi dari 15 perwakilan PPI Negara.

Koordinator PPI Amerop 2016-2017 Kreeshna Siagian juga merasa sangat optimis dengan masa depan Indonesia di tangan para pemuda yang sekarang. ’’Kalau Soekarno bilang beri aku 10 pemuda untuk mengguncang dunia, di sini sudah lebih dari 10 pemuda, maka kita benar-benar bisa mengubah dunia,’’ papar pria yang juga Ketua PPI Belgia tersebut.

Setelah selesai dengan kata sambutan, acara dilanjutkan dengan Focus Group Discussion. Para delegasi yang datang dibagi dalam 4 komisi yang berbeda, yaitu komisi Ekonomi, Sains dan Tekonlogi, Sosial dan Budaya, dan Politik dan Hukum. Dalam sesi ini, para delegasi dari tiap komisi membahas rancangan program kerja dan rekomendasi sesuai dengan tema simposium kali ini, yaitu Ekonomi Digital. Pembahasan pada hari pertama ini akan dilanjutkan pada hari ketiga yang selanjutnya akan disahkan menjadi program kerja PPI AMEROP periode selanjutnya.

Gala Dinner

Setelah pembukaan secara simbolis yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Washington, D.C., Bapak Ismunandar, dan Koordinator Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Washington, D.C., Bapak Siuaji Raja, acara dilanjutkan dengan Gala Dinner bersama dengan panitia, anggota delegasi, dan staf KBRI Washington, D.C.

(Dinda / NZ)

 

Delegasi dan Panitia Simposium PPI Amerika-Eropa 2017

 

 

 

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: