Simposium PPI Eropa Amerika 2013 di Istanbul

Sumber: KERIS Serbia
Sumber: KERIS Serbia

[Istanbul, Turki] Simposium PPI Eropa Amerika yang berlangsung dari tanggal 17-19 Mei 2013 di Fatih University, Istanbul, mengambil tema “ Mengoptimalkan Peran Demokrasi dan Kemajuan Ekonomi Indonesia Sebagai Modal Menjadi Bangsa yang Besar”, menjadi awal dari gerakan Pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Eropa dan Amerika untuk menyumbangkan pemikiran dan kerja nyatanya demi kemajuan bangsa Indonesia.

Pada hari pertama, hadir Bapak Mentri Pemberdayaan Aparatur Negara, Ir. H. Azwar Abubakar, MM yang tampil sebagai keynote speaker dalam pembukaan simposium kali ini. Dengan retorikanya yang sangat menggugah menambah semangat para peserta untuk tidak melewatkan jalannya simposium hingga akhir penutup.

Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan Rapat Delegasi dari seluruh PPI Eropa dan Amerika. Kali ini dihadiri oleh PPI Swedia, PPI Austria, PPI UK, PPI Prancis, PPI Serbia, PPI Spanyol, PPI Portugal dan tentunya PPI Turki sebagai penyelenggara acara. Selain itu, hadir juga tamu kita dari PPI Oman.

Keseluruhan acara ini membahas tentang hal apakah sebenarnya yang bisa diberikan untuk Indonesia dalam bentuk nyata. Selama ini sudah terlalu banyak aspirasi-aspirasi dari seluruh mahasiswa Indonesia baik yang bersekolah didalam maupun luar negeri, hanya terbungkus rapi sebagai sebuah aspirasi tanpa bisa teraplikasi.

Di sinilah dibahas tentang rancangan kerja yang dibagi menjadi tiga komisi, yaitu:

  1. Komisi Demokrasi dan Kepemimpinan.
  2. Komisi Sains dan Teknologi dan
  3. Komisi Ekonomi dan Kewirausahaan.

Simposium tersebut diikuti dengan penuh antusias oleh setiap peserta dan berlangsung secara tertib, mulai dari Sidang Pendahuluan, sidang pemembahasan tata tertib dan pemilihan dewan sidang, Sidang Pleno serta Sidang Komisi, sidang pembahasan rancangan kerja nyata dan aplikasi berdasarkan komisi-komisi yang telah dibagi. Acara berlanjut ke pembacaan hasil dari Sidang Komisi yang nantinya akan menjadi Road Map PPI Eropa Amerika. Hingga pada malam harinya acara diakhiri dengan Sidang Paripurna, sidang penentu kemanakah kegiatan ini akan berlanjut.

Atas kesepakatan Dewan Sidang dan Delegasi, rencana awal yang tadinya akan melahirkan Piagam Istanbul, diubah menjadi Draft Istanbul dengan pertimbangan banyaknya Delegasi dari PPI Negara Eropa Amerika yang tidak hadir.

Hari kedua, simposium dilanjutkan dengan kuliah umum yang dibagi menjadi 2 sesi. Sesi petama diawali dengan Sesi Demokrasi dan Kepemimpinan yang di sampaikan oleh Bapak Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara, Ir. H. Azwar Abubakar, MM. yang betema State Running Governmen ke Society Running Government Menuju Indonesia 2025 : Peran Kementrian PAN-RB dalam Menata RB.

Selanjutnya sesi kedua adalah Sesi Sains dan Teknologi dari Perwakilan Menpora Prof. Richardus Eko Indrajit dengan tema: “Youth, Technology and Nation” Balancing the Competitive Advantage of Indonesia. Sesi Ekonomi dan Kewirausahaan dari Direktur Utama Penerbit PT. Yudhisthira bapak Edfian Noerdin, SE.MM dan ditutup oleh bapak Asmoro Hadiyanto dari perwakilan Dompet Duafa.

Pada hari kedua ini juga, dibacakan isi dari Draft Istanbul yang ditandatangani oleh seluruh delegasi. Berikut isi dari Draft Istanbul tersebut:

Draft Istanbul

Berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami perwakilan PPI Kawasan Eropa dan Amerika,
berkumpul di Istanbul, Turki untuk menyumbangkan pemikiran dan peranan bagi bangsa
Menerapkan praktik demokrasi dan kepemimpinan yang bertanggung jawab untuk
menciptakan bangsa yang lebih maju, berintegritas, dan bermartabat.

Meningkatkan peran bangsa Indonesia di dalam pergaulan internasional melalui pemanfaatan
Ilmu pengetahuan dan teknologi serta sumber daya manusia yang berkualitas untuk
Mencerdaskan dan meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.

Mempersiapkan Indonesia menuju kemandirian ekonomi bangsa yang bersaing dan berdaya
Dengan itikad baik, siap mendukung dan mewujudkan kemajuan bangsa Indonesia melalui
roadmap PPI Kawasan Eropa & Amerika sebagaimana terlampir.

Dibuat di Istanbul, Turki, pada tanggal 18 Mei 2013.

Atas nama perwakilan PPI Kawasan Eropa & Amerika, PPI Prancis, PPI United Kingdom, PPI Austria, PPI Swedia, PPI Turki, PPI Serbia, PPI Spanyol dan PPI Portugal.

ROADMAP KOMISI DEMOKRASI DAN KEPEMIMPINAN

  1. Membuat video/tulisan mengenai isu kepemimpinan dan demokrasi di Negara Eropa Amerika dan membagikannya kepada pelajar dan guru di Indonesia (bekerja sama dengan Indonesia mengajar)
  2. Menyelenggarakan teleconference terkait dengan isu demokrasi dan kepemimpinan dengan tokoh pemimpin, baik di Indonesia maupun Eropa Amerika.
  3. Menyusun acuan pembuatan PPI baru.

ROADMAP KOMISI EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN

1. Membuat Platform Knowledge Management (website, twitter/ media social)
2. Menyusun Paduan Berbisnis di Luar Negeri

  • Melakukan Desk Research – Pengusaha Indonesia di Negara X
  • Birokrasi Usaha di Negara X
  • Melakukan Networking Session/Gathering
  • Mendatangi Institusi Usaha ( Company/ Institution Visits)
  • Menyusun Konten Panduan Usaha
  • Mendatangi Institusi Pemerintah Lokal + KBRI

3. Membuat Resume dan Profil Pengusaha Indonesia di Eropa Amerika
4. Menyediakan Data Mengenai Usaha di Negara X Terkait di Bidang Kewirausahaan
5. Menyusun Business Directory Indonesia
6. Membangun dan Mensinergikan Hubungan Antar Berbagai Pihak dalam Bidang Kewirausahaan dengan PPI Eropa Amerika ( Misalkan hubungan investor dengan calon wirausaha, hubungan antara pengusaha-pengusaha Indonesia di Negara-negara)
7. Membuat Forum Kajian Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan.

ROADMAP KOMISI SAINS DAN TEKNOLOGI

  1. Membuat Website Intergerasi dengan Komisi Lain
  2. Membuat Repository Karya Ilmiah dan di Publish di Website
  3. Meningkatkan Kerja Sama dalam Penyebaran Informasi Kegiatan Bidang Sains dan Teknologi PPI Eropa Amerika
  4. Menulis Artikel / Video Sains dan Teknologi (Populer)
  5. Menyediakan Dana Hibah Bagi Aplikasi Sains dan Teknologi di Indonesia yang Bertujuan Untuk Pemberdayaan Masyarakat Indonesia.

Pada akhirnya harus diakui bahwa, kegiatan Simposium seperti ini adalah ajang yang sangat baik untuk mengerahkan seluruh potensi Pelajar Indonesia dalam membahas sumbangan-sumbangan nyata untuk menciptakan Indonesia yang mandiri disetiap bidang. Sebagaimana kita ketahui bahwa faktor penggerak kemamajuan sebuah bangsa berada di tangan para pemudanya. Kini saatnya kita sebagai pemuda Bangsa Indonesia harus turut serta memajukkan Negara Pertiwi dengan kerja-kerja yang nyata dan berkelanjutan. Hidup Indonesia.

Sumber: Adhari, PPI Adana – Turki dan Laporan PPI Prancis

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: