Simposium Timtengka Madinah 2017 Siap Merevitalisasi Kemajemukan Bangsa Negara

PPMI Arab Saudi menghelat acara tahunan PPI Kawasan Timur Tengah dan Afrika di Kota Madinah. Acara utama berlangsung dua hari dimulai sejak Senin 3 April 2017 hingga Selasa 4 April 2017, bertempat di ballroom Hotel Movenpick Kota madinah. Adapun acara secara keseluruhan berlangsung selama 6 hari terhitung dari Ahad 2 April 2017 hingga Jumat 7 April 2017. Simposium PPI Timur Tengah-Afrika ini merupakan kali yang pertama dihelat di Arab Saudi.

Simposium ini mengusung tema “Revitalisasi Simpul Kebangsaan di Tengah Kemajemukan”. Dan terdiri dari tiga disuksi panel dan sebuah sidang komisi yang terbagi menjadi 4 komisi; agama, pendidikan dan kebudayaan, politik dan hukum, dan ekonomi. Adapun panel pertama berlangsung pada sesi pagi hari Senin 3 April 2017. Diskusi panel pertama mengambil bertajuk “Merajut Tenun Kebangsaan di Tengah Kemajemukan”. Diskusi panel ini menghadirkan 3 pembicara; Prof. Dr. Mahfud MD, Prof. Dr. KH. Din Syamsuddin, dan Mochammad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D.

Sedangkan Diskusi Panel kedua pada sesi siang hari Senin 3 April 2017, dengan judul “Wawasan Politik Hukum Indonesia dan Kerangka Diplomasi dengan Negara-negara Timur Tengah”, akan diisi oleh Prof. Dr. Masykuri Abdillah, Direktur Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Drs. Mohamad Hery Saripudin, M.A., Konsul Jendral RI untuk Kerajaan Arab Saudi di Jeddah, beliau juga pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Asia-Pasifik dan Afrika.

Adapun Diskusi panel ketiga akan berlangsung pada sesi pagi, hari Selasa 4 April 2017, dengan tema “Menyongsong Masa Depan Indonesia Dalam Mempersiapkan Generasi Emas 100 Tahun”. Menghadirkan pembicara Prof. Dr. Ir. Muhammad Nuh, DEA dan Prof. Dr. Gumilar Rusliwa Somantri, yang pernah menjabat sebagai rektor Universitas Indonesia.

Acara selanjutnya adalah presentasi paper terpilih, yang sebelumnya diajukan oleh para delegasi simposium dan terseleksi oleh panitia.  Dan disusul dengan sidang komisi beserta pengesahan hasil sidang komisi, yang jadwalnya akan berlangsung pada sesi siang hingga malam, hari Selasa 4 April 2017.

Selain acara inti simposium, delegasi juga telah mengikuti city tour Kota Madinah pada hari Ahad 2 April 2017. Dimulai sejak pukul 07.00 pagi hingga waktu ashar sore hari. Berawal dari ziarah Makam Baqi’, mengunjungi museum Alquran, museum Nabi Muhammad Saw, museum Asmaul Husna, tsaqifah Bani Sa’idah, berlanjut hingga Masjid Quba, gunung uhud, Masjid Qiblatain, dan terakhir Masjid Khondaq.

Adapun pada waktu yang tersisa, para delegasi akan melanjutkan kegiatan dengan ihrom ibadah umroh menuju Kota Mekkah, dan disusul dengan ziarah situs-situs sejarah Kota Mekkah, seperti Gua Hira, Jabal Nur, dan Jabal Rahmah.

Para peserta telah tiba di Madinah sejak hari Sabtu 1 April 2017. Mereka berasal dari beragam Negara tempat mahasiswa Indonesia melangsungkan studinya. Secara umum delegasi berasal, dari perwakilan BEM maupun Kampus di Indonesia dengan jumlah 96 orang, perwakilan PPI-PPI di kawasan Tinur tengah Afrika 51 orang, dan delegasi PPMI Arab Saudi sejumlah 155 orang, 123 diantaranya merupakan anggota PPMI Madinah.

Simposium ini diharapkan dapat membawa dampak positif dan gaung yang besar, di saat tanda-tanda penurunan angka toleransi, integrasi, dan politik yang bersih dan kuat, serta pendidikan yang baik, terlebih dengan gagasan besar yang dibawa terkait tenun kebangsaan dan kemajemukan, politik luar negeri dalam konteks hubungan dengan Negara Timur Tengah, dan itu semua demi terwujudnya Generasi Emas 100 Tahun, yang dapat menjadikan Indonesia di hari kemerdekaannya yang ke-100, sebagai Negara yang kuat dan sejahtera. Terlebih ketika simposium ini dikaitkan dengan isu keislamaan, dan juga telah jamak diketahui bahwa PPMI Arab Saudi dan PPI Timur tengah Afrka pada umumnya adalah ibarat roh spiritualis dalam tubuh Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia. (Red: Izzy, Ed: Adam)

Galeri Foto: (Sumber sie. Media Simposium Timtengka Madinah 2017)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: