Tentang Radio PPI Dunia

rpd

Radio PPI Dunia merupakan sebuah radio online streaming yang disiarkan lewat internet dan dapat didengarkan melalui situs http://www.radioppidunia.org. Radio PPI Dunia merupakan radio yang didirikan atas gagasan aliansi perhimpunan pelajar Indonesia (PPI) seluruh dunia yang do dalam Simposium International Perhimpunan Pelajar Indonesia pada tahun 2009 di Den Haag, Belanda. Penyiar Radio PPI Dunia adalah para pelajar atau mahasiswa Indonesia yang sedang menjalani studi di berbagai negara di seluruh dunia.

Salah satu hal yang dilakukan dalam masa persiapan adalah melakukan siaran uji coba dari tanggal 26 April 2009. Akhirnya berkat kerja keras tim dan support dari seluruh pelajar Indonesia di seluruh dunia maka pada hari Senin tanggal 18 Mei 2009 pukul 00.00 WIB, Radio PPI Dunia pun resmi mengudara. Hal ini ditandai dengan siaran berantai dari berbagai negara diantaranya Mesir, Belanda, Jerman, Rusia, Korea Selatan, Inggris, Malaysia, dan Australia.

Pada awalnya, Radio PPI Dunia didirikan sebagai media informasi dan sosialisasi kegiatan Simposium Internasional PPI se-Dunia, akan tetapi dalam perjalanannya Radio PPI Dunia berkembang menjadi pusat informasi dari para pelajar Indonesia di seluruh dunia. Pasca kegiatan SI PPI Dunia 2009, melalui rapat manajemen yang dipimpin oleh Koordinator Radio PPI Dunia saat itu, Ade Darwadi (Rusia), memutuskan untuk melanjutkan aktivitas siaran dengan tetap memegang nilai awal terbentuknya Radio PPI Dunia yaitu sebagai media pemersatu para pelajar Indonesia di seluruh dunia.

Berkat kerja keras secara sukarela dari pemuda pemudi Indonesia yang sedang menuntut ilmu di luar negeri, Radio PPI Dunia berhasil menghimpun jejaring kekuatan pemuda melalui online radio berdurasi 24 jam non-stop dari para penyiar (DJ/Sobat Siar) dan kru (Crew/Sobat Kru). Mereka adalah para mahasiswa serta mahasiswi yang tersebar di seluruh dunia.

fav

Melalui perbaikan di berbagai sistem, sarana serta prasarana, Radio PPI Dunia memiliki beberapa program siar bermutu dengan muatan utama di bidang edukasi, informasi, dan hiburan. Ratusan program wawancara dengan menghadirkan berbagai tokoh masyarakat dari berbagai profesi, bidang akademi termasuk selebriti telah dilakukan dengan sukses oleh Radio PPI Dunia. Termasuk juga beberapa acara seminar, diskusi maupun kuliah online.

Keanekaragaman para penyiar dan kru yang merupakan para pelajar Indonesia yang tersebar di mancanegara membuat Radio PPI Dunia menjadi media yang unik, berwarna dan beragam yang dapat mewakili para pelajar Indonesia. Para penyiar dan kru yang hanya bermodalkan jaringan internet serta mikrofon, mampu menarik perhatian dan menghibur para pelajar dan mahasiswa Indonesia baik yang sedang menuntut ilmu di dalam negeri maupun di luar negeri.

Dengan mengusung tagline, “Suara Anak Bangsa, Satu Cinta, Satu Indonesia”, keberadaan Radio PPI Dunia hingga saaat ini menjadi bukti seluruh insan yang terlibat di dalam Radio PPI Dunia dalam mewujudkan kepeduliaannya terhadap bangsa Indonesia.

Semenjak berdirinya Radio PPI Dunia, tercatat telah terbentuknya Manajemen Radio PPI Dunia sebagai berikut:

  1. Direktur periode 2009-2010: Andy Tirta (PERPIKA – Korea)
  2. Direktur Periode 2010-2011: Ayman Husni kamal (Mesir)
  3. Direktur Periode 2011-2012: Deni Danial Kesa (PPI Taiwan)
  4. Direktur Periode 2012-2013: Norman Adhy Maulana (PPI Australia)
  5. Direktur Periode 2013-sekarang: Dina Hanggraini (PPI Swiss)

Berikut ini adalah tautan Website dan Social Media yang dimiliki oleh Radio PPI Dunia:

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: