Tim Kajian Papua PPI Dunia: Menjawab Pesan Singkat Presiden Jokowi

Tim Kajian Papua PPI Dunia hadir untuk menjawab pesan singkat yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia, “Fajar perdana 2016 di dermaga Waiwo, Raja Ampat, tempat terbaik di dunia untuk snorkeling-Jkw.”

Jika presiden saja melewatkan pergantian tahunnya di Papua Barat “Pulau Pianemo Raja Ampat, sangat indah. Surga kecil di Tanah Papua –Jkw” maka mengapa anda tidak mencobanya. Kurang lebih seperti itulah kira-kira salah satu pesan yang hendak disampaikan oleh Presiden dalam terjemahan sederhana anak muda. Tapi jangan tanya tentang arti pesan presiden pada malam pergantian tahun ini “00.00 Tahun 2017 di rumah saja SELAMAT TAHUN BARU -Jkw,” karena bagi sebagian anak muda akan sulit menjawabnya dengan mengatakan melewatkan pergantian tahun itu di rumah saja yang penting gayanya tetap sarungan.
Isu Papua dan gerakan separatis adalah isu utama yang dikemukakan oleh saudara Ali Abdillah pada saat sidang komisi politik pada Simposium Internasional PPI Dunia, di Kairo 26 Juli 2016. Alumnus Fakultas Hukum Universitas Indonesia sekaligus mantan ketua BEM Universitas Indonesia ini menyampaikan kegelisahannya tentang wacana Papua Barat di dunia internasional. Saya sebagai mahasiswa LL.B di King Saud University Saudi Arabia tentu saja langsung merespon kegelisahan senior kami ini yang sedang menempuh LL.M di Universiteit Leiden, Belanda. Ya, Papua Barat seharusnya menjadi kegelisahan seluruh anak bangsa. Mengapa sebagian dari mereka ada yang berteriak untuk berpisah? Bukankah ada sesuatu yang harus kita perbaiki bersama? Tentu saja memperbaikinya bukan sekedar menjadikannya bahan obrolan atau sekedar datang dan mengabadikan kenangan. Tapi, apa kontribusi terbaik yang bisa kita persembahkan secara nyata. Secara khusus bagi pelajar Indonesia yang mendapat kesempatan belajar di luar negeri, apa kontribusi yang bisa kita persembahkan. Baik itu di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, pertanian, teknologi dan bidang yang lainnya sesuai dengan spesifikasi bidang keahlian masing-masing.
Oleh karena itu, tujuan Tim Kajian Papua adalah “Kontribusi PPI Dunia untuk Papua dan Indonesia” secara khusus di Provinsi Papua Barat. Ada 3 usaha yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan tersebut; 1. Menghasilkan karya nyata untuk Papua Barat dan Indonesia, 2. Berpartisipasi aktif dalam membangun SDM Papua Barat, 3. Memperkenalkan SDA Provinsi Papua Barat Indonesia pada dunia Internasional.

Anggota Tim Kajian Papua adalah seluruh pelajar Indonesia di seluruh dunia yang memiliki perhatian khusus seputar masalah Papua Barat yang telah mengikuti proses registrasi secara resmi. Anggota tim ini terdiri dari; Anggota biasa (terlibat aktif dalam diskusi), Anggota Inti (selain aktif dalam diskusi, juga aktif dalam menulis) dan anggota khusus (ikut terlibat aktif dalam penelitian lapangan).
Penanggung Jawab utama dalam tim ini disebut sebagai ketua tim. Ketua Tim Kajian Papua yang pertama dari PPI UK pada periode 2015/2016. Tim ini di bawah koordinasi divisi P2EKA PPI Dunia. Untuk memudahkan jalannya program kerja periode 2016/2017, dalam anggota inti ditetapkan 3 PJ bidang; 1. PJ Kajian & Research, 2. PJ Human Resources Development dan 3. PJ OISAA Leaders SUMMIT.

PROGRAM KERJA

  1. Bidang Kajian & Research
    1. Membuat dan update media social Tim Kajian Papua PPI Dunia
    2. Mengadakan kajian dan membuat tulisan secara berkala seputar Papua Barat (target pelaksanaan dalam action plan SI 2016: setiap triwulan)
    3. Melaksanakan penelitian lapangan (1x dalam kepengurusan)
  2. Bidang Human Resources Development
    1. Menyambungkan pelajar Papua Barat dan pelajar Indonesia di seluruh dunia.
    2. Program adik binaan
  3. OISAA LEADERS SUMMIT (OLS)
    Forum berkumpulnya para peneliti dan pemimpin muda dari pelajar Indonesia di manapun berada untuk berdiskusi dan memberikan solusi kongkrit untuk Papua Barat dan Indonesia.


*Ketua Tim Kajian Papua PPI Dunia 2016/2017
(LL.B Laws Student at College of Law and Political Science King Saud University, Riyadh KSA)

 

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: