Transportasi untuk Kesejahteraan di Bumi Cenderawasih : Bagaimana Peranan dan Pengembangannya?

Kajian online ke-2 Forum Tim Kajian Papua (FTKP) yang berlangsung pada hari minggu, 19 Februari 2017 dari pukul 20.00-22.00 WIB membahas mengenai peranan dan pengembangan transportasi di Bumi Cendrawasih. Kajian online ini dibawakan oleh Yanuar Muhammad Najih yang merupakan wakil kepala Bidang Media Center & IT TKP PPI Dunia.

Yanuar Muhammad Najih sedang menempuh pendidikan master di bidang Railway System Engineering. Yanuar Muhammad Najih didampingi oleh moderator yang juga berasal dari bidang Media Center & IT yaitu Yogi Lasril, seorang mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah Kota. Notulen berasal dari bidang Pengkajian dan Penelitian yaitu Eni Iswati, seorang mahasiswa Kesehatan Masyarakat. Berikut ini adalah penjelasan dari isi kajian online tersebut.

Penduduk Papua sebagian besar tinggal di daerah pegunungan. Daerah pegunungan merupakan daerah dengan kesenjangan yang paling tinggi khususnya dalam hal harga  komoditas sehingga kesejahteraan di Papua masih belum terwujud. Kesejahteraan di Papua salah satunya dipengaruhi oleh transportasi. Transportasi yang tersedia di Papua hanya berupa transportasi jalan dan pesawat. Kondisi transportasi jalan di Papua pun kurang baik akibat drainase yang tidak dibagun secara baik. Sementara itu, pesawat merupakan transportasi yang dianggap sudah biasa di Papua. Distribusi barang yang sering dilakukan menggunakan pesawat menyebabkan tingginya harga barang. Oleh karena itu, diperlukan transportasi yang efektif dan efisien dalam pendistribusian barang.

Pemerintah memiliki 3 rencana dalam pembangunan transportasi di Papua yaitu pembangunan pelabuhan sebagai turunan dari tol laut, jalan Trans Papua dan Kereta. Berdasarkan karakteristik wilayah Papua maka transportasi yang paling sesuai adalah kereta barang. Kontur yang berbukit tidak selamanya menjadi tantangan karena di negara lain seperti UK, India dan Swiss dapat dibangun transportasi kereta barang dan bukan tidak mungkin nantinya Pupua akan memiliki transportasi kereta barang yang akan menjangkau ke seluruh wilayah dan terintegrasi dengan tol laut dan Trans Papua.

Notulensi selengkapnya dapat diunduh pada tautan berikut: Notulensi Kajian Online ke-2 TKP

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: