Turki Yang Tak Kalian Kenal!

Sebagai upaya untuk menghadirkan hal-ihwal Turki lebih lengkap dan menyeluruh, tim Turkish Spirits (portal yang diinisiasi oleh pelajar Indonesia di Turki yang beralamat di www.turkishspirits.org) menerbitkan sebuah buku kompilasi berjudul “Turki Yang Tak Kalian Kenal!” Buku yang diedit dan dikurasi langsung oleh founder Turkish Spirits (TS) Bernando J. Sujibto ini menampung karya-karya dengan berbagai topik yang ditulis oleh tim TS seperti Hari Pebriantok, Didid Haryadi, Lia Yulianti, Hadza Min Fadhli R, Roida Hasna Afrilita, Yanuar Agung Anggoro, Abdul Ghaffar Chodri, Amdya Hisyam, Azahra Nurhabiba dan beberapa tulisan berasal dari kontributor TS.
“Buku ini ingin menyajikan sisi-sisi lain tentang Turki, dengan cara yang elegan dan tidak tendensius. Semua tulisan nyaris seperti sebuah penuturan apa adanya, ditulis dengan nafas kejujuran dari para pelajar Indonesia di Turki yang mengalami langsung tensi politik, sosial dan kebudayaan orang lokal di Turki,” jelas Kak Bje, panggilan akrab Bernando J. Sujibto.

Di samping itu, lanjutnya, buku ini ingin membuka cakrawala yang lebih luas tentang Turki dan sekaligus sebagai sumbangsih pelajar sebagai agen intelektual dengan menyajikan konten yang beragam tentang Turki. Karena sejauh ini, kabar-kabar Turki yang terekspos ke tanah air lebih banyak didominasi oleh isu-isu (partai) politik, atau kekerasan. “Sebagai pelajar, kita harus menyajikan hal-hal positif sebagai alternatif bacaan tentang Turki,” tukas Kak Bje ketika dihubungi lewat Whatsaap. Buku ini akan beredar di toko buku di seluruh Indonesia pada medio November dengan harga Rp. 68.000. Tapi untuk saat ini, tim TS sedang membuka pemesanan dengan diskon 15% yang sekaligus dengan bubuhan tanda tangan dari Kak Bje sebagai kurator. Bagi pembaca sekalian yang tertarik untuk mengetahui hal-hal yang selama ini tersembunyi tentang Turki bisa membaca dan menikmati Turki yang beda dari buku ini.

 

Buku ini tergolong berani, misalnya mengangkat tentang rasisme, amarah dan tensi ideologis, atau hal-hal yang naif sekalipun: lotre yang masih legal di Turki. Lebih dari itu, hal-hal yang tak akrab tentang Turki bisa pembaca reguk dengan sangat menyenangkan dalam buku ini. Bagi yang tertarik untuk memesannya, sila DM akun instagram TS @spiritturki atau kirim WA langsung ke nomor +6282140827122 dengan melengkali “nama, alamat lengkap, nomor kontak dan jumlah buku”. Tunggu update dan karya TS selanjutnya di Fanpage Facebook “Turkish Spirits” atau akun Instagram @spiritturki.

Penulis: Didid Haryadi, Pimred Turkish Spirits, Mahasiswa Program Master Sosiologi di Istanbul University.

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: