Turnamen Sepak Bola Mahasiswa Indonesia Se-Arab Saudi

Riyadh – Telah berlangsung Turnamen Sepak Bola Mahasiswa Indonesia se-Arab Saudi pada tanggal 28-29 Januari 2017. Ini adalah yang pertama kalinya diadakan oleh Perhimpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Arab Saudi yang diwakili PPMI Riyadh, sebagai ajang untuk memperebutkan Piala Bergilir Duta Besar Indonesia dan silaturrahim antarmahasiswa Indonesia di berbagai universitas Arab Saudi.

Ada tujuh universitas atau kontingen yang mengikuti turnamen ini, yaitu Qassim University (QU) , Qassim; King Fahd University of Petroleum and Minerals (KFUPM), Dhahran; Islamic University of Madinah (UIM), Madinah; Umm al-Qura University (UQ), Makkah; Majmaah University (MU), Zulfi; King Abdul Aziz University (KAU), Jeddah; dan King Saud University (KSU), Riyadh.

King Saud University mendapat kesempatan menjadi tuan rumah kali ini. Panitia dari PPMI Riyadh pun mempersiapkan segalanya secara maksimal, dimulai bekerja sama dengan KBRI Arab Saudi dan pihak kampus yang turut mendukung turnamen ini, serta Atase Pendidikan, Pertahanan dan Perdagangan KBRI. Selain itu, BNI, Indomie, Sosro dan Ahlan Riyadh juga ikut berperan sebagai sponsor.

Jumat, 27 Januari 2017 para peserta tiba di KSU. Selanjutnya pada malam hari diadakan MAKRAB (Malam Keakraban) dan ramah tamah bersama panitia dan peserta sebelum dimulainya pentandingan esok hari. Sistem pertandingan diawali dengan babak penyisihan, yaitu membagi tujuh tim ke dalam dua grup untuk kemudian dipilih dua tim terbaik dari tiap grup yang akan melanjutkan ke babak semifinal. Setelah undian dilakukan, didapatlah:

Grup A: Qassim University (QU), King Fahd University of Petroleum and Minerals (KFUPM), Islamic University of Madinah (UIM), Umm al-Qura University (UQ). Sedangkan Grup B: Majmaah University (MU), King Abdul Aziz University (KAU), King Saud University (KSU).

Dengan tema “Merajut Ukhuwah dengan Olahraga dan Sportivitas”, Sabtu, 28 Januari 2017 pagi, turnamen dibuka oleh Wakil Kepala Perwakilan RI di Riyadh, Dr. Sunarko, M.A.

Pertandingan persahabatan antara KBRI Riyadh dan Universitas Terbuka (UT) Riyadh, menjadi pertandingan pembuka. Setelah melewati tahap penyisihan, didapatlah KFUPM (6 poin) dan UIM (6 poin) dari grup A, serta KSU (6 poin) dan MU (3 poin) dari grup B.

Minggu, 29 Januari 2017 pagi, dilakukan babak semifinal antara KFUPM melawan MU dan UIM melawan KSU. KFUPM dan UIM mengalahkan lawannya dan berhasil menuju final. KSU yang kembali berhadapan dengan MU di pertandingan perebutan juara tiga sukses mengungguli lawannya.

Di partai final KFUPM dan UIM bertanding dengan penuh semangat dan pantang menyerah. Setelah melalui pertandingan sengit, UIM meraih kemenangan untuk menjadi juara pertama dan berhak atas Piala Bergilir beserta uang sebesar 3000 Riyal Saudi.

Berikut hasil turnamen: juara 1 diraih oleh Universitas Islam Madinah; juara 2; King Fahd University of Petroleum and Minerals; juara 3: King Saud University. Sedangkan top skor diraih Lutfi Aziz Firdaus (KFUPM) dengan 11 gol.

Selamat kami ucapkan kepada para pemenang. Semoga dengan adanya turnamen ini semakin mempererat ukhuwah antara Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia se-Arab Saudi.

 

(PPMI Riyadh/F)

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: