Kesaktian Pancasila : Kesenjangan Sosial dan Ekonomi Harus Dihentikan

Gerakan 30 September (G30S/PKI) adalah sebuah usaha kudeta yang dilancarkan oleh Partai Komunis Indonesia pada tanggal 1 Oktober dini hari tahun 1965 yang mengarah kepada tujuh jenderal angkatan darat yang menjadi oposisi dan kekuatan politik.

Ke tujuh jenderal itu ialah Letjen Ahmad Yani, Mayjen Raden Suprapto, Mayjen Mas Tirtodarmo Haryanto, Mayjen Siswondo Parman, Brigjen Donald Isaac Panjaitan, dan Brigjen Sutoyo Siswomiharjo, sedangkan Jenderal TNI Abdul Haris Nasution yang juga menjadi sasaran utama berhasil selamat dari upaya pembunuhan tersebut. Namun, putrinya, Ade Irma Suryani Nasution dan ajudannya, Lettu CZI Pierre Andreas Tendean tewas dalam percobaan pembunuhan itu.

Menurut Pitut Pramuji, mahasiswa National Chengchi University Taipei ini, tujuh jenderal yang menjadi korban dari partai komunis melalui gerakan penculikan kemudian pembunuhan menjadi titik sejarah penting bagi perlawanan kaum nasionalis Indonesia dan agamis yang menolak munculnya suatu gerakan komunis yang mencengkram Indonesia di masa itu.

Kemudian melalui surat perintah 11 Maret, Presiden Soekarno akhirnya memastikan dan menginstruksikan agar pergerakan partai komunis di Indonesia untuk ditumpas oleh angkatan darat melalui Jenderal Soeharto.

“Perhatian bangsa kita saat ini adalah kekhawatiran akan budaya laten komunis di Indonesia. Saya kira yang menarik adalah apa yang menyebabkan paham komunis mampu berkembang dan menarik banyak simpatisan,” ujar Pitut.

Menurutnya, isu kesenjangan sosial yang semakin melebar di tahun 1960-an hingga terjadinya usaha kudeta dari partai komunis Indonesia itu menjadi pintu masuk bagi gerakan dan paham komunisme diberbagai belahan dunia.

“Namun, yang harus diperhatikan saat ini adalah bagaimana pemerintah Indonesia menjaga agar kesenjangan sosial dan ekonomi tidak mengarah kepada munculnya gerakan komunisme baru,” pesan Pitut.

(PP/SH/F)

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: