Yang Pertama: Wisuda oleh Mahasiswa Indonesia Lulusan IIUI (International Islamic University Islamabad)

Wisuda merupakan hal yang lumrah dirayakan di Indonesia bagi seluruh mahasiswa S1 yang telah menyelesaikan skripsinya, mahasiswa S2 yang telah menyelesaikan tesisnya, dan mahasiswa S3 yang telah menyelesaikan disertasinya. Namun, di International Islamic University Islamabad (IIUI), acara wisuda hanya diadakan setiap lima  tahun sekali. Hal ini tentu saja sangat disayangkan bagi mahasiswa asing yang berkuliah di IIUI dan tidak bisa menghadiri pagelaran wisuda. Tidak ada penyerahan plakat, medali, atau foto bersama para pembesar universitas yang menjadi salah satu bukti jerih payah usaha menuntut ilmu selama di universitas. Hanya selembar ijasah lah yang bisa membuktikan jika kita benar-benar telah menyelesaikan study kita.

Kelulusan Mahasiswa IIUI, Pakistan

Maka dari itu, banyak asosiasi pelajar asing yang mengadakan acara wisuda sendiri dengan menghadirkan beberapa pembesar kampus, guru-guru, serta mengundang beberapa mahasiswaa lainnya. Seperti halnya asosiasi pelajar Cina dan Thailand yang mengadakan acara wisuda bagi pelajar mereka yang telah menyelesaikan studynya di IIUI sebelum ujian akhir menjelang. Karena tahun ini banyak mahasiswa Indonesia yang juga telah menyelesaikan studynya di jenjang S1 maupun S2, para para calon wisudawan berinisiatif untung menggelar acara wisuda. Ini merupakan hal yang baru dan belum pernah dilakukan sepanjang sejarah mahasiswa Indonesia di Pakistan.

Sebagai seorang pioneer tentu banyak hal yang harus dipersiapkan. Dana, tempat, regulasi acara, dekorasi, undangan, dan berbagai macam hal lainnya termasuk medali dan plakat serta perlengkapan busana para wisudawan. Perkumpulan dilakukan berkali-kali di sela-sela padatnya acara mahasiswa Indonesia. Dari konsep acara yang sebelumnya kurang matang, pengajuan proposal ke KBRI, hingga akhirnya perkumpulan final panitia acara wisuda.

Penyerahan plakat kelulusan

 

Kemarin, hari Jum’at tanggal 7 Juli 2017 seluruh panitia dan para calon wisudawan berkumpul untuk terakhir kalinya untuk acara gladi bersih serta merapikan seluruh atribut dekorasi. Sejak pukul dua siang seluruh panitia dan calon wisudawan berkumpul bahu membahu melengkapi seluruh keperluan yang ada. Tanpa terasa matahari telah tenggelam dan malam menjemput. Seluruh panitia dan calon wisudawan mengakhiri seluruh pekerjaan dengan harapan di dalam hati acara esok akan sukses besar.

Lalu bagaimanakah acara wisuda hari ini? Acara yang baru pertama kali diadakan mahasiswa Indonesia di Islamabad bisa dibilang sukses besar. Alhamdulillah. Acara diawali dengan tabuhan marawis dari teman-teman PCI-NU Pakistan. Setelah itu para wisudawan masuk dengan sangat apik diringi dengan instrumen yang diperdengarkan di seluruh aula. Pembawaan MC yang sangat profesional menambah nilai plus acara. Saat wisudawan dipanggil satu per satu ke atas panggung, menerima medali, sertifikat, serta plakat, seluruh hadirin tenggelam dalam rasa haru. Mewanti-wanti diri mereka bahwa kelak merekalah yang akan berada di atas panggung. Tersenyum dengan bangga atas jerih payah selama ini.

Acara besar ini dihadiri oleh wakil president kampus IIUI, Prof. Dr. Bashir Khan dan jajaran KBRI seperti bagian sosial budaya,  Bapak Budiarto Kurniawan beserta istri; Istri Duta Besar dan ketua DWP, Ibu Rita Amrie; Atase pertahanan, Bapak Kolonel Putut Witjaksono Hadi beserta istri; asisten Atase Pertahanan Bapak Mayor Deden Ganjar Maulana beserta istri; bagian Politik, bapak Acik Munasik istri; serta beberapa diplomat lainnya. Acara ini juga dihadiri oleh mahasiswa Indonesia serta beberapa mahasiswa baik mahasiswa asing maupun lokal yang turut memeriahkan jalannya acara.

Suksesnya acara juga dilengkapi dengan dekorasi yang terbilang luar biasa. Paper floral yang sedang hit sebagai dekorasi di Indonesia maupun di negara barat lainnya berhasil diaplikasin oleh tim dekorasi. Tidak hanya itu, tim dekorasi juga menyediakan photobooth yang apik dari coretan-coretan kapur di atas papan dan tentunya tidak lupa dilengkapi dengan clip art lucu yang sesuai dengan tema wisuda. Dan yang terakhir tentu saja banner resmi yang telah disediakan oleh tim desaign  untuk sesi foto resmi.

Prosesi wisuda mahasiswa Indonesia di IIUI

Memang kami berada sangat jauh dari kampung halaman kami. Kami tidak pernah mengharapkan kehadiran orang tua kami di acara berhaga yang mungkin menjadi yang terakhir bagi kami di negeri Ali Jinnah ini. Namun kami sangat bersyukur kami memiliki sahabat-sahabat yang siap siaga bahu membahu membantu mewujudkan keinginan kami. Sahabat yang melengkapi dalam suka duka dan menemani kami melangkah di jalan yang tidak bisa dibilang mulus ini. Tidak lengkap rasanya acara wisuda tanpa kehadiran mereka yang tersayang, namun kami cukup puas dengan kehadiran kalian yang selalu ada di sini.

Ini adalah acara yang pertama kali, dan semoga kelak bisa menjadi panutan untuk dikemudian hari meski tidak bisa dipungkiri ada cacat di sana-sini. Hari ini, Sabtu 8 Juli 2017, kamilah yang berdiri di sini dengan senyum merekah menyonsong masa depan. Percayalah, berapa tahun pun yang akan kalian habiskan, kelak kalian yang akan berdiri di sini, merasakan betapa hebatnya hari ini.

Terima kasih atas segalanya, teman-teman kami, negara Pakistan, serta IIUI tempat kami menuntut ilmu. Do’akan kami semoga ilmu yang kami dapat bisa bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan agama yang kelak dapat menciptakan bibit-bibit unggul penerus bangsa. (Red: DPP Pakistan/ Ed: Amir)

Share on LinkedInShare on FacebookEmail this to someoneTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

mamirsyarifuddin

I am M Amir Syarifuddin (M Syarifuddin), hailing from Indonesia. I am a social innovator and a future finance analyst. My passion lies in finding ways to help others achieve their goals and innovate in their fields of expertise. Currently, I am living in Kuala Lumpur, Malaysia and studying in International Islamic University Malaysia majoring International Economics. Over the last few years, I have seen the amazing things a diverse and motivated group of students can accomplish when they put their minds to a task. I love to play Badminton, Bowling, Baseball, Watching Movies, and hanging out with friends. I am a brownies lover and an ice cream freak. My best food of all time is “Mie Ayam Bakso” ever since I was in the middle school. My main aim in life is to extend my vision of the world, discover a new culture, learn to live with differences and dealing with new people.

You May Also Like

Leave a Reply

%d bloggers like this: